Sedih, jumlah kematian Covid-19 global melampaui angka 3 juta

Rabu, 07 April 2021 | 08:06 WIB Sumber: Reuters
Sedih, jumlah kematian Covid-19 global melampaui angka 3 juta

ILUSTRASI. Jumlah kematian terkait virus corona di seluruh dunia melampaui angka 3 juta kasus pada hari Selasa (6/4/2021). REUTERS/Adnan Abidi


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Menurut penghitungan Reuters, jumlah kematian terkait virus corona di seluruh dunia melampaui angka 3 juta kasus pada hari Selasa (6/4/2021). Lonjakan angka kematian sejalan dengan kebangkitan infeksi Covid-19 global yang menantang upaya vaksinasi di seluruh dunia.

Angka kematian Covid-19 di seluruh dunia kembali meningkat, terutama di Brasil dan India. Pejabat kesehatan menyalahkan varian yang lebih menular yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan Afrika Selatan.

Data Reuters menunjukkan, butuh lebih dari satu tahun untuk mencapai angka kematian 2 juta kasus akibat virus corona global. Namun, 1 juta kematian berikutnya bertambah hanya dalam waktu sekitar tiga bulan.

Brasil memimpin dunia dalam jumlah rata-rata harian kematian baru yang dilaporkan dan menyumbang satu dari setiap empat kematian di seluruh dunia setiap hari, menurut analisis Reuters.

Baca Juga: Varian virus Covid-19 mutan ganda ditemukan di California, ilmuwan cemas

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui kondisi Brasil yang mengerikan akibat virus corona, dengan mengatakan negara itu dalam kondisi yang sangat kritis dengan sistem perawatan kesehatan yang kewalahan dalam menangani pasien.

“Memang ada situasi yang sangat serius yang sedang terjadi di Brasil saat ini, di mana kami melihat kondisi di sejumlah negara bagian dalam situasi kritis,” jelas ahli epidemiologi WHO Maria Van Kerkhove mengatakan dalam penjelasan Kamis lalu.

Baca Juga: Biden: Semua orang dewasa di Amerika memenuhi syarat untuk mendapat vaksin Covid-19

Dia menambahkan bahwa banyak unit perawatan intensif rumah sakit di Brasil 90% lebih dalam kondisi penuh.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru