kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selamat Tinggal Golden Arches: Nama McDonald's Diganti untuk Dibuka Kembali di Rusia


Sabtu, 11 Juni 2022 / 06:19 WIB
Selamat Tinggal Golden Arches: Nama McDonald's Diganti untuk Dibuka Kembali di Rusia
ILUSTRASI. Pada hari Minggu, bekas restoran McDonald's Corp dibuka kembali dengan merek dan kepemilikan baru di Rusia. Alexander Demianchuk/TASS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSCOW. Hari Minggu menandai fajar baru bagi pecinta makanan cepat saji Rusia ketika bekas restoran McDonald's Corp dibuka kembali dengan merek dan kepemilikan baru. Hal ini terjadi setelah lebih dari tiga dekade kedatangan rantai makanan cepat saji Barat yang sangat populer itu di Rusia.

Melansir Reuters, peluncuran kembali akan dimulai pada Russia Day, hari libur patriotik merayakan kemerdekaan negara, di lokasi utama yang sama di Lapangan Pushkin Moskow tempat McDonald's pertama kali dibuka di Rusia pada Januari 1990.

Pada awal 1990-an, ketika Uni Soviet runtuh, McDonald's datang untuk mewujudkan mencairnya ketegangan Perang Dingin dan menjadi kendaraan bagi jutaan orang Rusia untuk mencicipi makanan dan budaya Amerika. Keluarnya merek tersebut sekarang menjadi simbol kuat tentang bagaimana Rusia dan Barat sekali lagi saling membelakangi satu sama lain.

Pada bulan lalu, McDonald's mengatakan telah menjual restorannya di Rusia ke salah satu pemegang lisensi lokalnya, Alexander Govor. Kesepakatan itu menandai salah satu hengkangnya bisnis paling terkenal sejak Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari.

Ikon McDonald's 'Golden Arches' telah diturunkan di lokasi di Moskow dan St Petersburg, di mana mereka akan membuka jalan untuk logo baru yang terdiri dari dua kentang goreng dan patty hamburger dengan latar belakang hijau. Pembukaan kembali awalnya akan mencakup 15 lokasi di Moskow dan wilayah sekitarnya.

Baca Juga: McDonald's Akan Mengubah Merek Sebelum Meninggalkan Rusia, Ini Sejumlah Opsi Mereknya

Govor mengatakan dia berencana untuk memperluas merek baru, yang belum diberi nama, ke 1.000 lokasi di seluruh negeri dan membuka kembali semua restoran rantai dalam waktu dua bulan. Tapi mungkin ada beberapa hambatan yang ditemui.

Menurut Peter Gabrielsson, Profesor Pemasaran Internasional di Universitas Vaasa Finlandia, dibutuhkan beberapa dekade untuk membangun sebuah merek. Dan peluncuran baru sangat penting untuk kesuksesan merek di masa depan.

“Opening day itu penting karena untuk pertama kalinya konsumen bisa benar-benar merasakan dan menyentuh serta melihat brand dan apa kepanjangannya,” ujarnya. 

Dia menambahkan, "Sangat penting bagaimana reaksinya dan jelas orang akan membandingkannya dengan McDonald's."

Oleg Paroev dari McDonald's Rusia mengatakan bahwa pewaralaba lain akan memiliki pilihan untuk bekerja di bawah merek baru, tetapi merek tradisional McDonald's akan meninggalkan negara itu. McDonald's telah mengatakan akan mempertahankan merek dagangnya.

Baca Juga: Dijual Kepada Terwaralaba, Restoran McDonald's di Rusia Akan Mengusung Merek Baru

Tahun lalu McDonald's menghasilkan sekitar 9%, atau $2 miliar, dari pendapatannya dari Rusia dan Ukraina. McDonald's memiliki hak untuk membeli kembali restoran Rusianya dalam waktu 15 tahun, tetapi banyak syarat penjualan ke Govor masih belum jelas.

Kantor berita TASS mengatakan pada hari Rabu McDonald akan tetap buka seperti biasa di bandara dan stasiun kereta api di Moskow dan St Petersburg hingga 2023, mengutip sumber yang dekat dengan Restoran Rosinter, pemegang waralaba lainnya.

“Rosinter memiliki perjanjian unik di mana perusahaan Amerika tidak dapat mengambil waralaba itu. Mereka dapat beroperasi dengan damai,” TASS mengutip sumber tersebut.

Rosinter menolak berkomentar. McDonald's tidak segera menanggapi.




TERBARU

[X]
×