Keamanan

Senjata Apa Saja yang Dunia Berikan ke Ukraina?

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:33 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Senjata Apa Saja yang Dunia Berikan ke Ukraina?

ILUSTRASI. Rusia marah besar atas keputusan Jerman yang menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. REUTERS/Stringer


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pada Rabu (25/1/2023), Rusia marah besar atas keputusan Jerman yang menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. Rusia mengatakan, Berlin mengabaikan "tanggung jawab historisnya kepada Rusia" yang timbul dari kejahatan Nazi dalam Perang Dunia Kedua.

Mengutip Reuters, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan dalam sebuah postingan Telegram bahwa langkah itu adalah konfirmasi keterlibatan Jerman dalam "perang yang direncanakan sebelumnya" melawan Rusia.

Kedutaan Rusia di Berlin mengatakan keputusan itu - yang membuka jalan bagi anggota NATO lainnya juga untuk mengirim tank buatan Jerman - akan meningkatkan konflik 11 bulan di Ukraina. Moskow menyebut hal ini sebagai pertarungan berbahaya antara Rusia dan aliansi yang dipimpin AS. 

"Keputusan yang sangat berbahaya ini membawa konflik ke tingkat konfrontasi baru," kata Duta Besar Sergei Nechayev. 

Dia menambahkan hal itu akan menyebabkan "kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada hubungan Rusia-Jerman yang sudah menyedihkan".

Selain Jerman, AS juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengirimkan tank ke Ukraina untuk menunjukkan dukungan kepada pemerintah di Kyiv.

Baca Juga: Jerman Setuju Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Rusia Marah Besar

BBC melaporkan, Pemerintah Jerman mengatakan akan mengirim 14 tank Leopard 2 ke Ukraina, sementara AS berencana mengirimkan 31 Abrams dalam beberapa bulan mendatang.

Jerman juga telah memberikan izin kepada sejumlah negara Eropa lainnya yang ingin mengirim tank Leopard 2 buatan Jerman sendiri ke Ukraina.

Inggris, yang telah mengirimkan 14 tanknya sendiri, menyambut baik pengumuman tersebut.

Lebih dari 30 negara telah menyediakan peralatan militer ke Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Lantas, senjata apa saja yang sudah diberikan dunia untuk Ukraina? Ini rangkumannya seperti yang dikutip Kontan dari BBC:

1. Tank

Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky mengatakan pasukannya sangat membutuhkan tank tempur Barat untuk mempertahankan wilayahnya dan mendorong pasukan Rusia keluar dari wilayah yang diduduki.

Beberapa pejabat Barat percaya bahwa pasukan Rusia saat ini berada dalam posisi lemah dan tank yang lebih canggih ini dapat membantu Ukraina mendorong pasukan Rusia mundur.

Leopard 2, yang digunakan oleh sejumlah negara Eropa, lebih mudah dirawat dan membutuhkan lebih sedikit bahan bakar daripada beberapa alternatif barat.

Pada bulan-bulan setelah invasi Rusia, negara-negara Barat tertarik untuk menawarkan Pakta Warsawa Ukraina daripada persenjataan standar NATO, karena angkatan bersenjata Ukraina memiliki persediaan kru terlatih, suku cadang, dan kemampuan pemeliharaan.

Inggris telah setuju untuk menyediakan 14 tank Challenger 2 ke Ukraina. Challenger 2 adalah tank tempur utama tentara Inggris.

Baca Juga: Lewat Jam Kiamat, Ilmuwan Atom Menunjukkan Kian Dekatnya Manusia dengan Akhir Dunia

Challenger 2 dibangun pada 1990-an, tetapi secara signifikan lebih maju daripada tank lain yang tersedia untuk angkatan bersenjata Ukraina.

Ukraina menggunakan tank T-72 rancangan Pakta Warsawa sebelum invasi, dan sejak Februari 2022 telah menerima lebih dari 200 T-72 dari Polandia, Republik Ceko, dan sejumlah kecil negara lain.

Saat mengumumkan keputusan AS untuk mengirim 31 tank Abrams ke Ukraina, Presiden Joe Biden menggambarkan mereka sebagai "tank paling mumpuni di dunia".

Dia mengatakan AS akan mulai melatih tentara Ukraina untuk segera menggunakannya, tetapi masih belum jelas berapa lama sampai tank itu sendiri dikirimkan.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru