kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Seperti lebah, bekerja keras mencari madu ke banyak negara (3)


Sabtu, 20 Juli 2019 / 09:00 WIB
Seperti lebah, bekerja keras mencari madu ke banyak negara (3)

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Tri Adi

Ekspansi ke banyak negara menjadi cita-cita Tony Tan Caktiong. Ia berencana menambah banyak gerai lagi di Malaysia, Singapura, dan China. Caktiong tak segan-segan berinvestasi untuk membangun lebih banyak gerai. Miliarder ini ingin seperti lebah yang bekerja keras mendapatkan madu. Dan sembari tersenyum untuk mendapatkan hal manis dalam kehidupan. Miliarder ini menjadi orang terkaya keenam di Filipina dan masuk dalam peringkat orang kaya ke-529 di dunia.

Tony Tan Caktiong sukses membangun jaringan restoran Jollibee di banyak negara. Hingga kini, pria asal Filipina yang tercatat sebagai miliarder ini sudah memiliki sekitar 1.500 gerai.

Tahun ini, rencananya Caktiong akan meningkatkan ekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Singapura dan Vietnam. Di Malaysia, Caktiong akan membangun 100 gerai dalam 10 tahun mendatang. Tahun lalu, Caktiong sudah membuka gerai pertamanya di Malaysia dan ada di kota Sabah.

Pemilihan tempat ini karena banyak warga Filipina yang bermukim di kota tersebut. Tak disangka, gerai pertamanya itu mendapatkan respons yang luar biasa dari masyarakat setempat. Melihat adanya peluang tersebut, membuat Caktiong ingin membangun gerai yang lebih banyak lagi di negeri jiran ini.

Caktiong juga cukup ambisius membuka gerai di Vietnam. Rencananya akan dibangun sebanyak 1.000 gerai di Vitenam. Untuk mencapai target itu, Tony Tan Caktiong akan membuka 20 hingga 30 toko setiap tahun.

Selain di Asia Tenggara, Caktiong juga ingin menambah lebih banyak lagi gerai hingga benua Amerika.

Tahun lalu penjualan Jollibee juga tumbuh sebesar 23,5% menjadi Php 212 miliar. Sementara laba naik 17,1% menjadi Php 8,3 miliar. Pada tahun lalu perusahaan membuka 502 toko di seluruh dunia.

Tony Tan Caktiong mengatakan, sebanyak 317 toko yang dibuka di Filipina, sementara 185 toko baru diluncurkan di luar negeri pada 2018. Jumlah ini merupakan jumlah toko baru tertinggi yang dibuka dalam satu tahun dalam 40 tahun sejarah Jollibee.

Tony Tan Caktiong mengungkapkan bahwa Jollibee berkinerja dengan baik di Filipina pada 2018 lalu meskipun laju inflasi semakin cepat dan pertumbuhan ekonomi melambat. Kami akan terus mengejar tujuan kami yaitu menjadi salah satu perusahaan restoran top di dunia, ujar Tony Tan.

Sementara itu, Jollibee telah mengalokasikan dana sebesar Php 17.2 miliar dalam belanja modal di tahun 2019, yang akan digunakan untuk mendirikan toko baru, renovasi toko yang ada, dan investasi dalam pabrik.

Pertumbuhan Jollibee hingga penjuru dunia membuat nama Caktiong begitu harum di Filipina. Logo Jollibee pun begitu identik dengan ekspansi warga Filipina ke banyak negara.

Logo Jolllibee dengan gambar lebah berwarna merah dan sambil tersenyum menjadi ikon kisah sukses Caktiong. Pria berumur 66 tahun ini memilih seekor lebah karena hubungannya dengan kerja keras. Dan madu mewakili hal-hal manis dalam hidup. Lebah yang tersenyum untuk menyiratkan kebahagiaan dan kenikmatan. Jollibee menginvestasikan jutaan peso untuk mendaftarkan merek dagang lebah di Filipina dan negara-negara utama lainnya. Dibantu oleh strategi pemasaran dan periklanan yang cerdas, logo lebah menyentuh hati publik.

Bisnis lain yakni properti juga moncer. Caktiong memiliki perusahaan DoubleDragon Properties Corporation yang melaporkan lonjakan pendapatan hingga 193,57% menjadi Php 7,42 miliar pada tahun lalu

Kerja keras mengantarkan Caktiong menjadi miliarder ke 529 versi Majalah Forbes pada tahun 2019. Sementara di Filipina dia menjadi orang terkaya keenam dalam daftar 50 orang tajir di Filipina pada tahun 2018. Pria berusia 66 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$ 3,7 miliar per Juli 2019. Merek bisnis Jollibee berkembang menjadi rantai makanan cepat saji terkemuka dengan lebih dari 50% pangsa pasar dan ratusan restoran di seluruh penjuru Filipina.

(Selesai)




TERBARU

Close [X]
×