kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah AS, giliran politik China bertransisi


Kamis, 08 November 2012 / 12:44 WIB
Setelah AS, giliran politik China bertransisi
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Sumber: BBC |

BEIJING. Setelah Amerika Serikat, kini giliran ekonomi terbesar kedua di dunia yang menghadapi dinamika politik. Hari ini, Partai Komunis China membuka kongres satu minggu yang sekaligus menandai pergantian kepemimpinan.

Lebih dari 2.000 delegasi menghadiri pertemuan yang hanya berlangsung satu dekade sekali itu di Balai Besar Rakyat di Beijing.

Presiden Hu Jintao membuka pertemuan dengan laporan kerja mengenai pencapaian dan tujuan masa depan pemerintah.

Keamanan seluruh penjuru kota dijaga dengan super ketat. Banyak aktivis anti pemerintah ditempatkan dalam tahanan rumah.

Dalam pidato pembukaan di awal pertemuan, Hu mengatakan partai menghadapi peluang dan juga tantangan dalam lingkungan yang selalu berubah.

PMenurutnya, partai akan selalu mendorong pertumbuhan, pembangunan kekayaan dan menciptakan harmoni bagi rakyat, kata Hu.

Juru bicara partai, Cai Mingzhao mengatakan kongres akan menjadi sangat penting, ketika China berada dalam tahap kritis untuk membangun masyarakat modern dan sejahtera dalam segala aspek.

Sebuah editorial di harian pemerintah yakni China Daily mengatakan kongres adalah tentang "menjaga keajaiban sosialisme dengan karakter China."

Korupsi, isu domestik

Sebagian besar perhatian akan difokuskan pada bagaimana para pemimpin memprioritaskan isu-isu domestik dan merespon kekhawatiran yang berkembang seperti kasus korupsi dan keadilan.

Tidak ada jadwal resmi yang diumumkan, tetapi kongres akan berlangsung selama satu pekan. Para delegasi memilih komite pusat, yang kemudian akan memilih badan pembuat keputusan tertinggi di negara itu, yaitu Komite Politbiro.

Proses akan berlangsung secara tertutup di mana para petinggi di badan-badan utama telah diputuskan sejak jauh-jauh hari.

Komite yang sekarang memiliki sembilan anggota dan tujuh di antaranya yaitu Hu dan Wen Jiabao diperkirakan akan mundur.

Dua anggota lain yaitu Xi Jinping dan Li Kegiang diperkirakan menjadi pemimpin dan wakil pemimpin partai. Xi juga dijagokan akan menggantikan Hu sebagai Presiden China pada Maret 2013.

Menjelang kongres ada spekulasi bahwa jumlah kursi di komite akan dikurangi dari sembilan menjadi tujuh. Namun komposisi pasti komite tidak akan diketahui hingga diumumkan secara resmi pekan depan, kemungkinan pada 15 November.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×