kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Shinzo Abe disebut menominasikan Trump untuk Nobel Perdamaian atas permintaan AS


Senin, 18 Februari 2019 / 13:27 WIB
Shinzo Abe disebut menominasikan Trump untuk Nobel Perdamaian atas permintaan AS

Sumber: Reuters | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dikabarkan telah menominasikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada musim gugur tahun lalu. Hal ini dilakukan setelah Abe menerima permintaan dari pemerintah AS untuk melakukannya.

Dilansir dari Reuters, kabar tersebut diangkat oleh surat kabar lokal Jepang Asahi pada hari Minggu kemarin.


Laporan tersebut melanjutkan klaim Trump pada akhir pekan yang menyebut bahwa Abe telah menominasikannya untuk Hadiah Nobel Perdamaian karena telah membuka pembicaraan dan berupaya mengurangi ketegangan dengan Korea Utara.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Trump menyebut pemimpin Jepang telah memberinya surat paling indah lewat surat nominasi setebal lima halaman.

Pemerintah AS telah mengungkapkan Abe telah mengajukan nominasi hadiah Nobel Perdamaian setelah pertemuan Trump dengan Kim Jong Un pada Juni tahun lalu.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang di Tokyo mengatakan pihaknya akan menahan diri untuk tidak mengomentari interaksi antara kedua pemimpin negara tersebut.

Sementara itu, situs web The Nobel Foundation mengatakan bahwa nominasi untuk hadiah Nobel Perdamaian dapat diajukan oleh siapa saja yang memenuhi kriteria nominasi termasuk para kepala negara. Di bawah aturan yayasan, nama dan informasi lain tentang nominasi yang gagal mendapatkan penghargaan tidak dapat diungkapkan selama 50 tahun ke depan.



Video Pilihan

TERBARU

×