kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Silicon Labs akan jual unit ke Skyworks seharga US$ 2,75 miliar


Jumat, 23 April 2021 / 13:51 WIB
Silicon Labs akan jual unit ke Skyworks seharga US$ 2,75 miliar
ILUSTRASI. ilustrasi?merger dan akuisisi, mergers and acquisitions


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TEXAS. Silicon Laboratories Inc akan menjual infrastruktur dan bisnis otomotifnya ke Skyworks Solutions Inc seharga US$ 2,75 miliar dalam transaksi tunai. Kesepakatan itu diharapkan dapat terjadi pada kuartal ketiga 2021. 

Dengan rencana tersebut, Saham Silicon Labs melonjak 12,4% menjadi US$ 162,6 setelah jam perdagangan, sementara saham Skyworks yang berbasis di Irvine, California naik 4,4% pada US$ 191,5.

Silicon Labs dalam beberapa tahun terakhir berfokus pada pasar internet-of-things (IoT), menjual chip nirkabel untuk perangkat rumah pintar. Perangkat tersebut menggunakan beberapa protokol komunikasi radio yang berbeda, dan Silicon Labs telah memenangkan kesepakatan dengan pembuat gadget dengan mengemas standar yang berbeda tersebut ke dalam satu chip yang dapat digunakan untuk bekerja dengan jaringan rumah pintar dari Alphabet Inc (Google) dan Amazon.com 

Baca Juga: Melalui SPAC, Anthony Tan bisa jadi miliarder

Kepala Eksekutif Silicon Labs Tyson Tuttle mengatakan bahwa chip IoT membentuk sekitar 60% dari bisnis perusahaan, dengan pendapatan tumbuh lebih dari 20% per tahun. Tetapi produk IoT memiliki basis pelanggan dan rantai pasokan yang berbeda dengan bisnis otomotif dan infrastruktur perusahaan.

"Jika Anda melihat apa yang kami lakukan di IoT, ini lebih dari sekadar silikon. Ini juga tentang perangkat lunak, konektivitas nirkabel, berbagai aplikasi dalam platform yang kami kembangkan. Itu membutuhkan fokus dan kejelasan untuk dapat benar-benar mengoptimalkan." kata Tuttle dikutip dari Reuters, Jumat (23/4)

Silicon Labs mulai menjalankan proses divestasi bisnis otomotif dan infrastruktur sejak musim gugur lalu. Unit ini menghasilkan pendapatan US$ 375 juta pada tahun 2020.

Tuttle mengharapkan untuk menerima US$ 2,3 miliar dari kesepakatan dan akan mengembalikan sekitar US$ 2 miliar kepada pemegang saham melalui kombinasi dividen khusus dan pembelian kembali.

Pembuat semikonduktor analog Skyworks berharap dapat menggunakan akuisisi tersebut untuk memperluas lebih jauh ke sektor yang sedang berkembang termasuk kendaraan listrik dan hibrida, industri dan sektor nirkabel 5G. Perusahaan berencana untuk mendanai kesepakatan dengan uang tunai di tangan dan pembiayaan hutang berkomitmen.

Selanjutnya: DNR Corporation menandatangani kerja sama bisnis dengan Sido Muncul




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×