kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Singapura bisa menurunkan level DORSCON virus corona, jika...


Selasa, 25 Februari 2020 / 22:57 WIB
Singapura bisa menurunkan level DORSCON virus corona, jika...
ILUSTRASI. Turis memakai masker berpose di Merlion Park, Singapora, 28 Januari 2020.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Singapura bisa menurunkan tingkat Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON) jika virus corona baru menyebar secara luas di seluruh dunia dan pembatasan perjalanan tidak lagi berguna.

Pada 7 Februari 2020, Singapura meningkatkan level DORSCON menjadi Orange. Sejak Januari, negara itu telah menerapkan serangkaian tindakan, termasuk pembatasan perjalanan, untuk menahan penyebaran virus corona.

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan, menurunkan tingkat DORSCON adalah "keputusan" yang memperhitungkan berbagai faktor risiko, termasuk bagaimana Covid-19 berkembang di Singapura dan seluruh dunia.

Baca Juga: Enggak pilih-pilih, virus corona jangkiti anggota parlemen Iran

"Itu bukan daftar periksa di mana kami menandai semuanya," kata Gan dalam konferensi pers, Selasa (25/2), seperti dikutip Channelnewsasia.com.

"Jika itu (virus corona) telah menjadi transmisi komunitas yang cukup luas di seluruh dunia, dan banyak dari langkah-langkah kontrol perbatasan mungkin tidak lagi berguna, kami mungkin mulai menghapus beberapa kontrol perbatasan jika setiap negara memiliki transmisi," ujar Gan.

"Tidak mungkin bagi kami untuk mengisolasi Singapura dari seluruh dunia. Ini bukan hanya bagian ekonomi, interaksi antarmanusia, interaksi antar negara (membuatnya) tidak mungkin," tegas Gan.

Baca Juga: Di mana Abe? Saat Jepang berjuang memerangi virus corona

"Jadi, kami mungkin harus menyesuaikan postur kami dan memutuskan, bagaimana kami akan pergi. Jika situasi itu terjadi, kami mungkin harus menyesuaikan level DORSCON kami ke bawah juga," imbuh Gan.

Di konferensi pers yang sama, Menteri Pembangunan Nasional Lawrence Wong menyatakan, Singapura tidak boleh berpuas diri karena "banyak ketidakpastian" tentang bagaimana wabah Covid-19 akan berkembang di negara lain.

Korea Selatan, Italia, dan Iran baru-baru ini mengalami lonjakan kasus virus corona.





Close [X]
×