kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soal wabah corona, Donald Trump remehkan peringatan badan intelejen AS?


Sabtu, 21 Maret 2020 / 14:52 WIB
Soal wabah corona, Donald Trump remehkan peringatan badan intelejen AS?
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump


Sumber: CNN,Washington Post | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Badan-badan intelijen Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah mengeluarkan peringatan yang tidak menyenangkan dan rahasia pada bulan Januari dan Februari 2020 tentang bahaya global yang ditimbulkan virus corona. Namun Presiden AS Donald Trump dan anggota parlemen AS menganggap remeh peringatan tersebut karena menganggap virus corona tidak akan menyebar ke AS.

Alhasil, Washington Post melaporkan Jumat (20/3) mengutip pejabat AS yang tahu laporan intelejen tersebut, ketika wabah corona merebak di AS, pemerintah AS gagal mengambil tindakan yang mungkin memperlambat penyebaran patogen corona.

Baca Juga: Seorang staf Wapres AS positif terinfeksi virus corona

Laporan intelijen tidak memperkirakan kapan virus corona akan mendarat di AS atau merekomendasikan langkah-langkah tertentu yang harus diambil oleh pejabat kesehatan masyarakat karena itu merupakan masalah di luar lingkup badan intelijen.

Tetapi mereka melacak penyebaran virus di Cina, dan kemudian di negara-negara lain, serta kemudian memperingatkan bahwa para pejabat China tampaknya meminimalkan tingkat keparahan wabah tersebut.

"Badan intelijen AS telah memperingatkan hal ini sejak Januari 2020," kata seorang pejabat AS yang memiliki akses ke pelaporan intelijen yang disebarluaskan kepada anggota Kongres AS.

"Donald Trump mungkin tidak mengharapkan ini, tetapi banyak orang lain di pemerintahan, mereka tidak bisa membuatnya melakukan apa-apa," kata pejabat ini kepada Washington Post.

Saat ini jumlah korban tewas di Amerika Serikat (AS) karena viruc orona meningkat menjadi lebih dari 250 orang.

Presiden Donald Trump mengabaikan laporan dari badan intelijen AS mulai Januari yang memperingatkan skala dan intensitas wabah koronavirus di Cina, The Washington Post melaporkan Jumat.

CIA dan Kantor Direktur Intelijen Nasional AS menolak memberikan konfirmasi soal ini kepada Washington Post.

Baca Juga: Ilmuwan ke Trump: 2,2 juta warga Amerika bisa meninggal gara-gara corona




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×