kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Spekulasi kesehatan Kim Jong Un: China mengirim tim termasuk ahli medis ke Korut


Sabtu, 25 April 2020 / 10:13 WIB
Spekulasi kesehatan Kim Jong Un: China mengirim tim termasuk ahli medis ke Korut
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BEIJING/SEOUL. Spekulasi mengenai kondisi kesehatan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un masih berlanjut. China dikabarkan mengirim tim ke Korea Utara termasuk para ahli medis untuk memberi nasihat tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Perjalanan para dokter dan pejabat China itu dilakukan di tengah laporan yang saling bertentangan tentang kesehatan pemimpin Korea Utara. Reuters tidak memastikan apakah perjalanan tim China itu terkait kesehatan Kim.

Sebuah delegasi yang dipimpin seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis China meninggalkan Beijing ke Korea Utara pada Kamis lalu, kata dua orang sumber Reuters. Departemen itu adalah badan Cina utama yang berurusan dengan Korea Utara.

Baca Juga: Kim Jong-un kembali absen di acara penting Korea Utara

Departemen Penghubung Internasional China tidak dapat dihubungi Reuters untuk memberikan komentar soal ini. Kementerian Luar Negeri China juga menanggapi permintaan konfirmasi dari Reuters.

Daily NK, situs web yang berbasis di Seoul, melaporkan awal pekan ini bahwa Kim pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April. Situs ini mengutip satu sumber tanpa nama di Korea Utara.

Para pejabat pemerintah Korea Selatan dan seorang pejabat Cina dengan Departemen Penghubung menepis laporan-laporan berikutnya yang menyatakan bahwa Kim dalam bahaya besar setelah operasi. Para pejabat Korea Selatan mengatakan mereka tidak menemukan tanda-tanda aktivitas tidak biasa di Korea Utara.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga mengecilkan laporan sebelumnya bahwa Kim sakit parah. "Saya pikir laporan itu tidak benar," kata Trump kepada wartawan.

Pada Jumat (24/4), sebuah sumber Korea Selatan mengatakan kepada Reuters menyebut, Kim masih hidup dan kemungkinan akan segera muncul. Namun, dia tidak memiliki komentar tentang kondisi Kim saat ini atau keterlibatan China.

Seorang pejabat yang akrab dengan intelijen AS mengatakan Kim diketahui memiliki masalah kesehatan tetapi mereka tidak punya alasan kuat untuk menyimpulkan bahwa Kim sakit parah atau tidak mampu dan akhirnya akan muncul kembali di depan umum.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, ketika ditanya tentang kesehatan Kim mengatakan, "Saya tidak punya apa-apa yang bisa saya bagikan kepada Anda malam ini, tetapi orang-orang Amerika harus tahu bahwa kami memperhatikan situasi dengan sangat tajam."

Korea Utara adalah salah satu negara dunia yang paling tertutup, dan kesehatan para pemimpinnya diperlakukan sebagai masalah keamanan negara. Reuters belum dapat secara independen mengkonfirmasi rincian tentang keberadaan atau kondisi Kim.

Media pemerintah Korea Utara terakhir kali melaporkan keberadaan Kim ketika dia memimpin pertemuan pada 11 April 2020.

Media pemerintah tidak melaporkan bahwa dia menghadiri sebuah acara untuk menandai ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April, yang penting ulang tahun di Korea Utara.

Baca Juga: Simpang siurnya kondisi Kim Jong Un, mulai kritis hingga prediksi pengganti




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×