Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID. Spotify Technology mengumumkan akan meluncurkan fitur pesan (messaging feature) bagi seluruh pengguna, baik yang berlangganan premium maupun yang menggunakan layanan gratis.
Langkah ini menjadi strategi raksasa streaming musik asal Swedia tersebut untuk menarik lebih banyak pengguna sekaligus mempertahankan daya saing di tengah ketatnya persaingan industri.
Baca Juga: Spotify Naikkan Harga Langganan
Melalui fitur baru ini, pengguna bisa melakukan percakapan dan berbagi musik dengan orang yang sebelumnya pernah berinteraksi di platform Spotify.
Perusahaan menyebutkan, fitur tersebut mulai tersedia pekan ini untuk perangkat mobile bagi pengguna berusia 16 tahun ke atas di sejumlah pasar terpilih.
Sebelumnya, Spotify pernah memiliki fitur serupa namun dihentikan pada 2017 karena tingkat keterlibatan (engagement) yang rendah.
Kini, dengan basis pengguna yang melonjak pesat dalam beberapa tahun terakhir, Spotify optimistis fitur pesan ini dapat diterima lebih baik sekaligus mendukung pertumbuhan pangsa pasar.
Dalam beberapa waktu terakhir, Spotify fokus menjaga keseimbangan antara pertumbuhan pengguna dan peningkatan margin keuntungan, di antaranya melalui kenaikan harga langganan.
Baca Juga: Spotify Catat Konsumsi Video Podcast di Indonesia Melonjak 75%
Langkah tersebut dilakukan di tengah persaingan yang kian sengit dengan Apple Music, Amazon Music, hingga YouTube.
Pada kuartal II-2025, Spotify tercatat memiliki 696 juta pengguna aktif bulanan. Mengutip laporan Financial Times, perusahaan membidik capaian 1 miliar pengguna dengan menghadirkan berbagai inovasi.
Salah satunya adalah ekspansi konten video, termasuk melalui program mitra yang memberi peluang monetisasi bagi kreator podcast.