kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Startup Asal China, Haomo.AI Mendapat Pendanaan US$ 157 Juta


Rabu, 22 Desember 2021 / 11:02 WIB
Startup Asal China, Haomo.AI Mendapat Pendanaan US$ 157 Juta
ILUSTRASI. Startup asal China, Haomo.AI mendapat pendanaan US$ 157 juta dari Hillhouse Capital GL Ventures, Meituan, Qualcomm Ventures.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  SHANGHAI. Haomo.AI, startup China yang membuat sistem kendali otomatis pada mobil, telah mengumpulkan hampir 1 miliar yuan atau setara US$ 157 juta dalam putaran pendanaan karena investor meningkatkan taruhan pada teknologi mobil pintar.

Mengutip Reuters, Rabu (22/12), Haomo yang juga dikendalikan Chairman Great Wall Motor Wei Jianjun akan menggunakan dana yang dikumpulkan dari investor seperti Hillhouse Capital GL Ventures, Meituan, Qualcomm Ventures untuk merekrut staf-staf berbakat dan meningkatkan kemampuan R&D.

Haomo yang sebelumnya dikenal sebagai bagian departemen smart car Great Wall Motor berharap bisa membuat sistem mengemudi semi-otonom Level 2, yang memerlukan pengawasan oleh pengemudi manusia, dan akan tersedia dalam 34 model kendaraan pada akhir tahun 2022.

Sistem saat ini tersedia dalam lima model kendaraan Great Wall Motor.

Baca Juga: Ford menginvestasikan US$ 900 juta untuk memodernisasi pabriknya di Thailand

Haomo juga memproduksi kendaraan logistik mengemudi otonom Level 4 yang dapat menangani semua aspek mengemudi di sebagian besar keadaan tanpa campur tangan manusia untuk mengirimkan bahan makanan dan paket dengan mitra termasuk Meituan.

Memang, saat ini produsen mobil dan perusahaan teknologi menginvestasikan miliaran dolar dalam mengemudi otonom, bertujuan untuk memimpin lebih awal dalam apa yang dianggap banyak orang sebagai masa depan mobilitas.

General Motors Co mengumumkan pada bulan September bahwa mereka akan menginvestasikan US$ 300 juta pada startup penggerak otonom China, Momenta, untuk mengembangkan teknologi swakemudi untuk model masa depan di China.

Pembuat mobil global lainnya juga memiliki ikatan dengan perusahaan China dalam teknologi yang baru lahir. Contohnya, Toyota Motor sedang menguji kendaraan dengan Pony.ai, Nissan Motor bekerja dengan WeRide, sementara Honda Motor telah bekerja sama dengan AutoX.

Baca Juga: Kembangkan mobil listrik, produsen otomotif ramai-ramai benamkan investasi di Asia




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×