kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stok Menipis, Amerika Serikat Akan Impor Susu Formula Bayi


Selasa, 17 Mei 2022 / 15:13 WIB
Stok Menipis, Amerika Serikat Akan Impor Susu Formula Bayi
ILUSTRASI. Susu formula untuk bayi/KONTAN/Carolus Agus W/


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) akan segera mengizinkan impor susu formula bayi dari perusahaan asing asalkan mereka memenuhi syarat keamanan dan nutrisi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Federal AS (FDA). 

Pejabat FDA menyebut kebijakan ini sebagai langkah sementara untuk menambah ketersediaan produk susu di seluruh negeri dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan pemerintah dalam tahap pembicaraan untuk memberikan dukungan transportasi dan logistik kepada produsen formula utama untuk sementara.

"Kami tengah melakukan komunikasi secara berkelanjutan. Kami juga berbicara tentang pengecer di sini juga, dengan Target, Amazon, Walmart dan pengecer terkemuka lainnya," kata Pierre, dikutip dari Reuters, Selasa (17/5). 

Baca Juga: Abbott Kembali Produksi Susu Formula di Michigan

Selain itu, pemerintah juga mengidentifikasi negara bagian yang mungkin berisiko kekurangan pasokan susu formula bayi, dan telah menawarkan untuk bekerja dengan produsen dan pengecer untuk membawa lebih banyak formula, termasuk dukungan transportasi dan logistik.

Stok susu formula bayi telah menipis di seluruh negeri sejak Februari, ketika produsen terkemuka Abbott Laboratories menarik susu formula mereka dan menutup pabrik menyusul penyelidikan FDA atas laporan ada bayi sakit setelah mengonsumsi produk mereka.

FDA menemukan kontaminasi bakteri di beberapa sampel lingkungan yang diambil di lokasi. Namun Abbott menyanggah dan mengatakan tidak ada bukti konklusif untuk menghubungkan formula Abbott dengan penyakit bayi, dan penyelidikan juga tidak menemukan kontaminasi dalam produk tersebut. 

Pihaknya telah bekerja sama dengan FDA untuk membuka kembali pabrik tersebut, dan akan melakukannya dalam waktu dua minggu setelah mendapatkan persetujuan FDA. Kekurangan formula Abbott telah diperparah dengan terbatasnya rantai pasokan dan inflasi yang membuat stok menipis hingga 40% secara nasional. 




TERBARU

[X]
×