kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Stok, produksi, dan ekspor CPO Malaysia turun, ini penyebabnya


Senin, 10 Februari 2020 / 20:11 WIB
Stok, produksi, dan ekspor CPO Malaysia turun, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Seorang pekerja Sime Darby Plantation menunjukkan buah kelapa sawit di sebuah perkebunan di Pulau Carey, Malaysia, 31 Januari 2020.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Produksi minyak kelapa sawit mentah (CPO) Malaysia selama Januari 2020 turun 12,6% dari bulan sebelumnya jadi 1,17 juta ton. Ini angka bulanan terendah sejak Februari 2016.

Melansir Reuters, stok CPO negeri jiran juga turun 12,7% menjadi 1,76 juta ton. Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) menyebutkan, jumlah tersebut adalah angka bulanan yang paling rendah sejak Juni 2017 lalu.

Penurunan stok dan produksi CPO Malaysia sejalan dengan ekspektasi pasar. "Cuaca memiliki dampak terutama pada persediaan  Januari," kata Marcello Cultrera, Institutional Sales Manager Phillip Futures di Kuala Lumpur, Senin (10/2).

Baca Juga: Menimbang prospek kinerja Astra Agro Lestari (AALI) di tengah membaiknya harga CPO

Sementara ekspor CPO Malaysia pada Januari tahun ini, data MPOB menunjukkan, merosot 13,2% dibanding Desember tahun lalu menjadi 1,21 juta ton. Penyebabnya, pembelian yang lebih rendah oleh India dan China.

Ekspor CPO Malaysia ke India anjlok 85,3% sepanjang Januari tahun ini dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu menjadi 46.876 ton. Ini merupakan angka yang terendah dalam sembilan tahun terakhir.




TERBARU

Close [X]
×