kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sudah sukses di asuransi, Chaiyawan tetap berbisnis minuman alkohol (4)


Minggu, 12 Mei 2019 / 09:45 WIB

Sudah sukses di asuransi, Chaiyawan tetap berbisnis minuman alkohol (4)

Minuman keras memang dekat dengan masyarakat Thailand. Tak heran walau sudah sukses di bisnis asuransi, Vanich Chaiyawan tetap bermain di jalur minuman beralkohol itu. Chaiyawan melakukan berbagai ekspansi agar bisa menguasai pangsa pasar di Thailand. Chaiyawan juga digadang-gadang merupakan pebisnis yang dekat dengan keluarga kerajaan dan pemerintahan Thailand. Total kekayaan Chaiyawan hingga kini diperkirakan mencapai US$ 2,8 miliar.

SELAIN asuransi, miliarder asal Thailand, Vanich Chaiyawan mempunyai ketertarikan terhadap bisnis minuman keras. Ia memiliki perusahan Thailand Asia Pacific Brewery Company Limited yang menjual bir di pasar Asia.

Nama Chaiyawan memang cukup dekat dengan dunia minuman alkohol. Keluarga Chaiyawan disebut-sebut menjadi bagian dari kelompok lima harimau (Five Tigers), salah satu kelompok pebisnis yang berpengaruh di Thailand. Kelompok Five Tigers ini juga yang menghasilkan minuman keras khas Thailand, yakni Mekong.

Kelompok ini cukup dekat dengan keluarga kerajaan dan pemerintahan Thailand. Makanya produksi minuman keras selalu melekat dengan Five Tigers. Namun di tahun 1960-an, Pemerinttah Thailand membebaskan produksi minuman ke publik. Alhasil persaingan minuman alkohol menjadi lebih ketat. Di sinilah Chaiyawan mulai melirik bisnis asuransi.

Pada tahun 1970, Chaiyawan bergabung dengan Thai Life Insurance sampai akhirnya sukses. Dari perusahaan ini ia menjadi presiden direktur hingga akhirnya memegang saham saham mayoritas di perusahaan itu.

Di saat Chaiyawan sukses di bisnis asuransi, ayah delapan anak ini masih belum bisa melupakan dunia bisnis minuman alkohol. Sebagian kecil kekayaannya diinvestasikan ke saham Thai Beverage (ThaiBev) yang merupakan salah satu perusahaan minuman terbesar di Asia Tenggara dengan pabrik penyulingan di Thailand, Skotlandia dan China. Bersama keluarganya, Chaiyawan memiliki 1% saham di Thai Beverage.


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Tri Adi

Video Pilihan


Close [X]
×