kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei: Warga Arab melihat Iran di antara tiga ancaman teratas bagi AS


Selasa, 27 Oktober 2020 / 10:12 WIB
Survei: Warga Arab melihat Iran di antara tiga ancaman teratas bagi AS
ILUSTRASI. Survei Arab News/YouGov menanyakan apa yang menurut dunia Arab sebagai ancaman terbesar yang dihadapi AS. Iran, salah satunya. REUTERS/Stringer/File Photo


Sumber: Arab News | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Dalam hitungan hari, warga Amerika akan memberikan suara mereka untuk pemilihan presiden AS. Saat ini, situasi di AS tidak stabil dengan latar belakang kerusuhan sipil, ketegangan rasial, polarisasi politik, dan ekonomi yang runtuh di bawah tekanan wabah virus corona terburuk di dunia.

Menjelang pemilihan presiden 3 November, survei Arab News/YouGov menanyakan apa yang menurut dunia Arab sebagai ancaman terbesar yang dihadapi AS. Mengingat turbulensi yang terjadi, mungkin sulit untuk menentukan tantangan mana yang paling relevan.

Namun, bagi 32% responden, nasionalisme kulit putih menduduki puncak daftar ancaman bagi AS. China berada di posisi kedua, dengan 22% responden Arab mengidentifikasi ekonomi terbesar kedua di dunia sebagai salah satu ancaman terbesar yang dihadapi AS saat ini.

Iran menduduki tempat ketiga, dengan 9% menyoroti Teheran sebagai ancaman terbesar Amerika, diikuti oleh kejahatan dunia maya, ekstremisme Islam radikal, perubahan iklim, dan akhirnya pemerintah federal yang mengganggu sebagai kesengsaraan utama Amerika.

Baca Juga: Arab Saudi bersiap menyambut jamaah umrah dari luar negeri mulai 1 November 2020

“Hasil survei mencerminkan cara warga Amerika sendiri memandang ancaman ini,” kata Khalil Jahshan, direktur eksekutif Arab Center yang berbasis di Washington DC, sebuah wadah pemikir yang berfokus pada kebijakan luar negeri AS di Timur Tengah seperti dikutip Arab News.

"Ini menunjukkan bahwa penduduk Arab lebih tahu tentang berbagai masalah di AS."

Responden Arab tampaknya memperhatikan denyut nadi politik AS. Baru-baru ini, 13 anggota milisi kulit putih bersenjata dituduh merencanakan penculikan Gretchen Whitmer, gubernur Demokrat Michigan, dan menggulingkan pemerintah negara bagian. 

Baca Juga: Arab Saudi dinilai memiliki sistem e-learning terbaik selama pandemi

"Ancaman kelompok rasis, ekstrim, sayap kanan adalah ancaman nomor satu dalam hal terorisme yang dilakukan di tanah Amerika," kata Jahshan. "Itu telah menggantikan ancaman yang untuk sementara, setelah 9/11, dianggap datang dari sumber-sumber Islam radikal."

Mengutip Arab News, meskipun presiden AS telah menghadapi Iran, tidak mengherankan jika publik Arab melihat China sebagai musuh terbesar Amerika. Selama masa kepresidenannya, retorika anti-China Trump telah berubah dari sekadar perang perdagangan menjadi menyiratkan bahwa Beijing dengan sengaja melepaskan "virus China" (Covid-19) untuk melemahkan ekonomi AS.

“Itu tidak berjalan dengan baik di Peking (Beijing). Dan, tentu saja, hubungan itu berantakan,” kata Jahshan.




TERBARU

[X]
×