kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,70   3,35   0.36%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taiwan Pelajari Perang Ukraina untuk Strategi Pertempuran Hadapi China


Rabu, 09 Maret 2022 / 09:54 WIB
Taiwan Pelajari Perang Ukraina untuk Strategi Pertempuran Hadapi China
ILUSTRASI. Sejumlah tentara berada diantara peralatan militer di pangkalan rudal pertahanan udara Taiwan di lokasi yang dirahasiakan pada foto yang dirilis Jumat (11/9/2020). Taiwan Pelajari Perang Ukraina untuk Strategi Pertempuran Hadapi China.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Ahli strategi militer Taiwan telah mempelajari invasi Rusia ke Ukraina, dan perlawanan negara itu, untuk strategi pertempuran pulau itu sendiri jika tetangga raksasanya China berhasil memanfaatkan ancamannya untuk mengambil mereka dengan paksa.

Sementara pemerintah Taiwan belum melaporkan aktivitas yang tidak biasa oleh militer di China, yang memandang pulau itu sebagai wilayahnya sendiri, Taipei telah meningkatkan tingkat siaganya.

Melansir Reuters, Rabu (9/3), Penggunaan rudal presisi Rusia, serta Ukraina yang secara taktik dipikirkan dengan baik melalui perlawanan meskipun kalah awak dan senjata, sedang diawasi dengan cermat di lingkaran keamanan di Taiwan, yang pasukannya sendiri juga dikerdilkan oleh China.

Baca Juga: Rusia Merilis Daftar Negara yang Tidak Bersahabat, Siapa Saja?

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah memperjuangkan gagasan perang asimetris, untuk membuat pasukannya lebih mobile dan sulit diserang, misalnya dengan rudal yang dipasang di kendaraan.

Ma Cheng-Kun, direktur Institut Pascasarjana Studi Urusan Militer China di Universitas Pertahanan Nasional Taiwan, mengatakan Ukraina telah menggunakan konsep yang sama dengan senjata bergerak untuk menghalangi pasukan Rusia.

"Militer Ukraina telah memanfaatkan sepenuhnya perang asimetris, sangat efektif, dan sejauh ini berhasil menahan kemajuan Rusia," tambah Ma, penasihat pemerintah untuk kebijakan China.

"Itulah tepatnya yang dikembangkan secara proaktif oleh angkatan bersenjata kami," katanya, menunjuk pada senjata seperti roket anti-armor bahu Kestrel yang ringan dan dikembangkan secara lokal yang dirancang untuk perang jarak dekat.

Baca Juga: Anggaran Militer China Naik Mencapai Rp 3.315 Triliun pada 2022

"Dari penampilan Ukraina, kami bisa lebih percaya diri dengan penampilan kami sendiri."

Taiwan telah mengembangkan rudal lain yang dapat menjangkau jauh ke China.

Pekan lalu, kementerian pertahanan mengatakan pihaknya berencana untuk menggandakan lebih dari dua kali lipat kapasitas produksi rudal tahunan mendekati 500 tahun ini, termasuk versi upgrade dari rudal Hsiung Feng IIE, rudal serangan darat jarak jauh Hsiung Sheng yang menurut pakar militer mampu mencapai target lebih jauh ke pedalaman di China




TERBARU

[X]
×