kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tangkal ancaman invasi oleh China, Taiwan bangun kapal selam canggih


Minggu, 20 Desember 2020 / 08:59 WIB
Tangkal ancaman invasi oleh China, Taiwan bangun kapal selam canggih
ILUSTRASI. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. REUTERS/Eduardo Munoz


Sumber: CNN | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Taiwan telah mulai membangun armada kapal selam mutakhir untuk lebih meningkatkan kemampuan pertahanannya. Langkah ini dinilai dapat memperumit rencana militer China yang berpotensi untuk menyerang pulau tersebut atau memasang blokade laut. 

Konstruksi kapal selam pertama dari delapan kapal selam baru dimulai bulan lalu di sebuah fasilitas di kota pelabuhan selatan Kaohsiung, dengan yang pertama diharapkan untuk memulai uji coba laut pada tahun 2025. Pada upacara yang menandai dimulainya program, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menelepon itu sebuah tonggak bersejarah yang menunjukkan keinginan kuat Taiwan kepada dunia.

Beijing mengklaim kedaulatan penuh atas Taiwan terlepas dari kenyataan bahwa kedua belah pihak telah diperintah secara terpisah selama lebih dari tujuh dekade.

Baca Juga: Merasa kian terancam, Trump mau tutup dua kantor konsulat tersisa di Rusia

Presiden China Xi Jinping telah berjanji bahwa Beijing tidak akan pernah membiarkan pulau itu merdeka dan menolak mengesampingkan penggunaan kekuatan jika perlu. Tapi Tsai membantahnya, dengan mengatakan Taiwan berada di garis depan dalam membela demokrasi dari agresi otoriter di Asia.

Selama beberapa bulan, Tentara Pembebasan Rakyat China telah meningkatkan tekanan militer di pulau tersebut dengan mengirim pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan dan meningkatkan latihan militer di pulau-pulau terdekat yang secara luas ditafsirkan sebagai ancaman bagi Taipei.

Tapi armada invasi PLA harus melintasi Selat Taiwan, perairan yang relatif sempit yang memisahkan Taiwan dari China daratan.

Dan di situlah para analis mengatakan kapal selam yang direncanakan Taiwan, yang akan menggantikan armadanya yang terdiri dari empat kapal selam yang berasal dari Perang Dunia II, dapat membuat perbedaan besar.

Baca Juga: Jumlah kasus virus corona di dunia kini sudah menembus angka 75 juta

Kapal selam tetap menjadi salah satu platform senjata siluman terkemuka di dunia, dan dapat memberikan banyak korban pada armada musuh. Kapal selam Taiwan diprediksi berjenis diesel-listrik.




TERBARU

[X]
×