kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Targetkan Raup Dana Hingga US$ 748 Juta, Reddit Diproyeksi Bangkitkan IPO di Bursa AS


Senin, 11 Maret 2024 / 13:24 WIB
Targetkan Raup Dana Hingga US$ 748 Juta, Reddit Diproyeksi Bangkitkan IPO di Bursa AS
ILUSTRASI. Reddit siap hadir untuk bangkitkan pasar IPO di bursa Amerika Serikat (AS) pada tahun ini.. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Di kala aktivitas initial public offering (IPO) tampak lesu sepanjang tahun lalu, Reddit siap hadir untuk bangkitkan pasar IPO di bursa Amerika Serikat (AS) pada tahun ini. Reddit mengincar dana sebanyak US$ 748 juta lewat IPO ini.

IPO di AS anjlok, hanya mencapai US$ 26 miliar pada tahun lalu, menurut data. Padahal, di 2021, IPO di bursa AS mencatat rekor sepanjang masa sebesar US$ 339 miliar.

Mengutip Bloomberg Senin (11/3), IPO dari perusahaan media sosial yang bermarkas di California ini dipercaya menjadi salah satu penawaran umum perdana terbesar sepanjang tahun ini, menurut beberapa orang. Perusahaan saat ini menguncar valuasi perusahaan mencapai US$ 6,5 miliar dalam rencana tersebut.

Beberapa pemegang saham Reddit saat ini merencanakan bakal melepas 22 juta saham dengan kisaran harga  US$ 31 hingga US$ 34 per saham. 
Sementara, sumber Bloomberg menyebut perusahaan telah menyisihkan sekitar 1,76 juta saham dalam IPO untuk dibeli oleh pengguna dan moderator yang membuat akun sebelum 1 Januari. 

Baca Juga: Reddit Pertimbangkan Valuasi US$ 5 Miliar lewat IPO

Menariknya, saham tersebut tidak akan dikenakan masa lockup. Artinya, pemiliknya dapat menjualnya di bursa pada hari pembukaan perdagangan, menurut pengajuan Reddit pada bulan Februari ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Sejatinya, rencana Reddit untuk IPO sudah sejak awal 2021 yang berarti kerja keras Reddit selama lebih dari dua tahun. Dan, selama periode tersebut terlihat pasar yang juga  naik turun.

Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang masuk dalam daftar perusahaan publik baru dan yang akan segera menjadi perusahaan publik tahun ini. Pencatatan terbesar adalah penawaran senilai US$ 1,57 miliar oleh Amer Sports Inc. pada bulan Januari. Astera Labs Inc., pembuat perangkat lunak yang berfokus pada kecerdasan buatan, mengatakan dalam pengajuan pada hari Jumat bahwa mereka akan mencari hingga $534 juta dalam IPO-nya, yang kemungkinan akan melanjutkan IPO Reddit.

Didirikan pada tahun 2005, Reddit memiliki rata-rata 73,1 juta pengunjung unik aktif setiap hari pada kuartal keempat, menurut laporan pada Februari kemarin. Perusahaan melaporkan kerugian bersih sebesar US$ 91 juta dari pendapatan US$ 804 juta pada tahun 2023, dibandingkan dengan kerugian bersih sekitar US$ 159 juta dari pendapatan US$ 667 juta pada tahun sebelumnya.

Pemegang saham terbesar Reddit adalah Advance Magazine Publishers Inc., bagian dari kerajaan penerbitan keluarga Newhouse yang memiliki Conde Nast, yang membeli Reddit pada tahun 2006 dan memisahkannya pada tahun 2011.

Reddit mengatakan jutaan pengguna setia dan moderatornya menimbulkan risiko serta manfaat bagi perusahaan. Redditor memiliki sejarah hubungan yang agresif dengan situs tersebut, melancarkan pemberontakan atas segala hal mulai dari rasisme di platform hingga keputusan kepegawaian para eksekutif.

Salah satu pendiri dan CEO Reddit Steven Huffman mengatakan dalam surat yang ditandatangani termasuk dalam pengajuan bahwa perusahaan memiliki banyak peluang untuk mengembangkan platform dan bisnisnya.

Baca Juga: Duh, YouTube Bikin Pengguna yang Mengaktifkan Adblock di Browser jadi Terasa Lambat

Menurutnya, periklanan adalah bisnis pertama dari platform tersebut dan pengiklan dari semua ukuran telah menemukan bahwa Reddit adalah tempat yang tepat untuk menemukan pelanggan dengan niat tinggi yang tidak dapat mereka jangkau di tempat lain.

“Beriklan di Reddit berkembang pesat, dan kami masih dalam tahap awal mengembangkan bisnis ini.” ujarnya.

Reddit mengatakan pihaknya sedang dalam tahap awal mengizinkan pihak ketiga untuk melisensikan akses ke data di platform, termasuk untuk melatih model kecerdasan buatan. 

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pada bulan Januari mereka menandatangani perjanjian lisensi data dengan nilai kontrak agregat sebesar US$ 203 juta dan jangka waktu berkisar antara dua hingga tiga tahun. Mereka mengharapkan pendapatan minimal $66,4 juta dari perjanjian tersebut tahun ini, menurut pengajuan tersebut.

Reddit juga telah mengumumkan kesepakatan dengan Google milik Alphabet Inc., yang memungkinkan produk AI Google menggunakan data Reddit untuk meningkatkan teknologi mereka. Model bahasa berukuran besar sering kali membutuhkan banyak sekali konten buatan manusia untuk ditingkatkan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×