kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teken kerjasama dengan Facebook, Mukesh Ambani kembali jadi orang terkaya di Asia


Kamis, 23 April 2020 / 17:19 WIB
Teken kerjasama dengan Facebook, Mukesh Ambani kembali jadi orang terkaya di Asia
ILUSTRASI. Pengusaha India Mukesh Ambani kembali menjadi orang terkaya di Asia


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - MUMBAI. Konglomerat asal India Mukesh Ambani kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di Asia. Kursi terebut diraihnya pasca kesepakatan antara perusahaannya dengan Facebook Inc yang berujung pada peningkatan harga saham perusahaan Ambani.

Di lansir Bloomberg, Kamis (23/4), kekayaan Ambani setidaknya meningkat sebanyak US$ 4,7 miliar menjadi US$ 49,2 miliar atau setara sekitar Rp 769,5 triliun (kurs Rp 15.569 per dolar AS).

Lonjakan kekayaan Ambani ini terjadi setelah saham perusahaan Reliance Industries Ltd miliknya menanjak 10%. Walhasil, kekayaan Amabni kini telah berhasil menyalip kekayaan pendiri Alibaba Jack Ma yang sebelumnya memegang gelar orang terkaya di Asia.

Baca Juga: Facebook investasikan US$ 5,7 miliar ke perusahaan India Jio Platforms Limited

Facebook sebelumnya memang telah mengumumkan akan membeli sekitar 10% saham Jio Platform yang dimilik oleh Ambani. Nilai transaksinya mencapai US$ 5,7 miliar. Ini merupakan investasi terbesar Facebook sejak mencaplok WhatsApp pada tahun 2014 silam. Langkah ini dilakukan Facebook untuk memperluas cakupan pasar di kawasan India, yang menjadi pasar global terbesar Facebook saat ini.

Lewat kesepakatan tersebut, Facebook dan Jio akan menjadi satu payung operasional di India. "Inti dari kemitraan kami adalah kesamaan komitmen pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan saya untuk mendorong transformasi digital di seluruh India," ujar Ambani dalam akun resmi Facebook Jio.

Menurut sang konglomerat, Facebook memang sudah sangat lekat dengan masyarakat India, lewat aplikasi WhatsApp. Nah, kemitraan antara Facebook dan Jio akan memungkinkan Mark Zuckerberg untuk menggenjot ekspansinya di negara lewat penerapan pembayaran digital dan e-commerce.

Baca Juga: Nilai kekayaan orang terkaya di Asia ini bertambah Rp 238 triliun di sepanjang 2019!

India menjadi pasar yang sangat seksi bagi Facebook, sebab ada sekitar 500 juta pengguna internet di negara tersebut. Facebook tidak sendiri, beberapa perusahaan raksasa lain seperti Amazon, Apple Inc, Microsoft hingga Google pun juga sudah mulai berekspansi ke negara tersebut.

Khusus Facebook, di India ada sekitar 250 juta pengguna, sementara pengguna WhatsApp di India tercatat lebih dari 400 juta pengguna.




TERBARU

[X]
×