kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA Mengkonfirmasi Komet Terbesar yang Pernah Ditemui


Rabu, 13 April 2022 / 11:48 WIB
Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA Mengkonfirmasi Komet Terbesar yang Pernah Ditemui


Sumber: CNET | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Teleskop luar angkasa Hubble NASA mengkonfirmasi komet terbesar yang pernah ditemui saat ini. Berbeda dengan asteroid, komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk elipse/lonjong, parabolis atau hiperbolis.

Komet ini terbentuk dari es dan debu, ketika mendekati matahari, sebagian bahan penyusun komet akan menguap dan membentuk kepala gas dan ekor.

Tidak heran, komet kerap kali disebut sebagai bintang berekor meskipun sebenarnya komet bukanlah bintang.

Berbicara soal komet, teleskop luar angkasa Hubble baru-baru ini menangkap potret komet terbesar yang pernah ditemukan. Komet tersebut tampak seperti bola salju yang kotor dengan ekor spektakuler sepanjang jutaan mil.

Melalui penampakan teleskop, komet terlihat kabur, tetapi benda langit ini memiliki inti es dan debu yang padat.

Melansir dari Cnet (13/04/2022), teleskop Hubble telah mengkonfirmasi bahwa inti komet terbesar yang pernah ditemukan jatuh kepada sebuah bola salju yang mengambang di ruang angkasa ini dengan ukuran mencapai 137 km.

Baca Juga: Suhu Planet Neptunus Fluktuatif, Para Ilmuwan Kebingungan Mengapa Demikian

Teleskop luar angkasa Hubble merupakan proyek bersama NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA). Teleskop ini kerap kali menatap galaksi yang jauh, tetapi para ilmuwan juga dapat menggunakannya untuk mengukur inti komet terbesar yang baru ditemukan ini.

Komet C/2014 UN271 (Bernardinelli-Bernsetein) dibandingkan dengan komet lainnya

Komet terbesar ini diberi nama C/2014 UN271 (Bernardinelli-Bernsetein). 

Menurut informasi yang terungkap, komet terbesar ini berusia 4 miliar tahun dan berasal dari sarang komet yang jauh, secara teoritis disebut Awan Oort yang pertama kali diamati pada 2010.

"Pengamatan Hubble pada 2022 diperlukan untuk membeedakan inti padat dari cangkang atau lapisan berdebu besar yang menyelimutinya, dengan bantuan dari pengamatan radio," kata NASA dalam sebuah pernyatan Selasa (12/04/2022). 

Cangkang atau lapisan berdebu pada komet inilah yang disebut koma.

Teleskop luar angkasa Hubble juga mengamati lonjakan cahaya yang datang dari komet. Data tersebut membantu para astronom membuat model koma komet, yang kemudian dapat digunakan untuk menentukan seberapa besar ukuran inti atau nukleus.

Tim peneliti juga menemukan nukleus "lebih hitam dari batu bara", seperti yang dijelaskan oleh astronom David Jewitt dari University of California di Los Angeles. 

Jewitt terlibat dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Astrophyscal Journal Letters minggu ini sebagai rekan penulis.

Baca Juga: Fakta Asteroid Bennu, Umur Benda Langit yang Mendekati Bumi Ini Sekitar 2 Juta Tahun

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komet C/2014 UN271 untuk saat ini didapuk sebagai terbesar yang pernah ditemukan. Ini juga sekaligus menggeser posisi sebelumnya yang diduduki oleh komet C/2002 VQ94 yang memiliki inti sekitar 97 km.

Perlu Anda ketahui, komet meskipun ukurannya besar sekalipun tidak akan mendekati Bumi. Tetapi informasi terkait ukuran yang terungkap ini memberikan para peneliti ide yang lebih baik tentanng perkiraan ukuran komet di Awan Oort.

"Komet ini secara harfiah adalah puncak gunung es bagi ribuan komet yang terlalu redup untuk dilihat di bagian tata surya yang lebih jauh," kata Jewitt seperti yang dilansir dari Cnet.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×