kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Terserang virus corona, IMF: Ekonomi China masih tangguh dalam jangka panjang


Jumat, 14 Februari 2020 / 09:37 WIB
Terserang virus corona, IMF: Ekonomi China masih tangguh dalam jangka panjang
ILUSTRASI. Ilustrasi ekonomi China.

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. International Monetary Fund (IMF) memperkirakan ekonomi China akan tetap tangguh dalam jangka menengah hingga panjang, meski dalam jangka pendek efek dari wabah virus corona masih belum jelas.

Mengutip Reuters, Kamis (13/2) Juru bicara IMF Gerry Rice mengatakan masih terlalu banyak ketidakpastian untuk meramalkan efeknya terhadap ekonomi China dan ekonomi global, tetapi IMF berharap memiliki wawasan lebih ketika negara-negara G20 bertemu di Riyadh, Arab Saudi pada akhir pekan depan.

Baca Juga: IMF sebut China masih dapat menambah stimulus tapi harus fokus pada reformasi

Kekhawatiran tentang virus corona kembali meningkat pada Kamis (13/2) setekah Provinsi Hubei, China yang menjadi pusat penyebaran wabah melaporkan peningkatan jumlah kematian dan ribuan kasus baru dengan menggunakan metode penghitungan yang lebih luas. Sementara itu, Jepang juga mengumumkan satu korban meninggal, dan menjadikannya negara ketiga di luar China yang mencatatkan korban meninggal akibat virus corona.

Rice mengatakan, IMF menyambut upaya China untuk menahan laju penyebaran virus dan mengurangi dampak ekonominya, termasuk melalui langkah-langkah ekonomi dan fiskal. 

Ia menambahkan, IMF siap membantu China sesuai kebutuhan.

"Dalam jangka menengah dan panjang, kami tetap yakin bahwa ekonomi China tangguh," kata Rice dalam jumpa pers seperti dikutip Reuters.

"China memiliki ekonomi yang besar, dan memiliki sumber daya serta tekad untuk menghadapi tantangan ini." 




TERBARU

Close [X]
×