kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

The Fed turunkan bunga dolar AS, ini pernyataan lengkap FOMC


Kamis, 01 Agustus 2019 / 06:03 WIB
The Fed turunkan bunga dolar AS, ini pernyataan lengkap FOMC

Sumber: The Fed | Editor: Hasbi Maulana

Pernyataan FOMC, 31 Juli 2019.

Informasi yang diterima sejak Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bertemu pada bulan Juni menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tetap kuat dan kegiatan ekonomi telah meningkat pada tingkat yang moderat. Pertambahan lapangan kerja solid secara rata-rata dalam beberapa bulan terakhir, tingkat pengangguran pun tetap rendah. 

Meskipun pertumbuhan pengeluaran rumah tangga meningkat dari awal tahun, pertumbuhan investasi bisnis lemah. Pada basis 12 bulan, inflasi keseluruhan dan inflasi barang-barang selain makanan dan energi berjalan di bawah 2 persen. Inflasi berbasis data pasar tetap rendah; sedangkan inflasi berbasis survei berdasarkan ekspektasi inflasi jangka panjang sedikit berubah.

Konsisten dengan mandat perundang-undangan, Komite berupaya mendorong ketersediaan lapangan kerja maksimum dan stabilitas harga. Mengingat implikasi perkembangan global terhadap prospek ekonomi serta tekanan inflasi yang diredam, Komite memutuskan menurunkan kisaran target bunga dana federal menjadi 2 hingga 2-1/4 persen. 

Keputusan ini sejalan dengan pandangan Komite bahwa ekspansi berkelanjutan dari kegiatan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, serta inflasi mendekati tujuan 2 persen simetris masih mungkin tercapai, tetapi ketidakpastian tetap ada. Sembari Komite merenungkan jalur target bunga Fed Fund mendatang, Komite akan terus memantau implikasi informasi yang masuk terhadap prospek ekonomi, dan akan bertindak sesuai untuk mempertahankan ekspansi, dengan pasar tenaga kerja yang kuat dan inflasi mendekati target simetris 2 persen.

Dalam menentukan waktu dan tingkat penyesuaian kisaran target bunga Fed Fund selanjutnya, Komite akan menilai kondisi ekonomi yang berlangsung dan pengaruhnya terhadap tujuan kerja maksimum dan sasaran inflasi simetris 2 persen. Penilaian ini akan mempertimbangkan berbagai informasi, termasuk kondisi pasar tenaga kerja, indikator tekanan inflasi dan ekspektasi inflasi, dan bacaan tentang perkembangan keuangan dan internasional.

Komite akan menyimpulkan pengurangan kepemilikan sekuritas agregatnya dalam System Open Market Accountpada bulan Agustus, dua bulan lebih awal dari indikasi sebelumnya.

Peserta rapat yang setuju terhadap keputusan ini: Jerome H. Powell, Chair; John C. Williams, Vice Chair; Michelle W. Bowman; Lael Brainard; James Bullard; Richard H. Clarida; Charles L. Evans; and Randal K. Quarles.

Peserta yang tidak setuju dan memilih mempertahankan bunga federal pada kisaran 2-1/4 to 2-1/2: Esther L. George and Eric S. Rosengren

Pernyataan FOMC versi asli (bahasa inggris) di Halaman Selanjutnya.

Baca Juga: Menjelang detik-detik pengumuman The Fed, simak perjalanan suku bunga AS sejak resesi

Baca Juga: The Fed pangkas suku bunga, tapi tak memberi sinyal penurunan dalam jangka panjang




TERBARU

Close [X]
×