kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Tiga hari beruntun, Malaysia mencatat rekor kasus Covid-19!


Jumat, 16 Juli 2021 / 06:53 WIB
Tiga hari beruntun, Malaysia mencatat rekor kasus Covid-19!
ILUSTRASI. Untuk tiga hari beruntun, Malaysia melaporkan lonjakan rekor jumlah infeksi Covid-19 harian. REUTERS/Lim Huey Teng

Sumber: The Straits Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Untuk tiga hari beruntun, Malaysia melaporkan lonjakan rekor jumlah infeksi Covid-19 harian dengan 13.215 kasus pada Kamis (15/7/2021). 

Pada hari yang sama, seorang pejabat tinggi kesehatan memperingatkan bahwa varian Delta yang sangat menular dapat menyebar hanya dengan kontak sekilas. 

“Di masa lalu, kami mengetahui bahwa seseorang dapat terinfeksi dari orang lain melalui kontak dekat kurang dari 1 meter selama 15 menit. Sekarang, kami mendapat informasi bahwa varian Delta dapat menginfeksi seseorang hanya dalam 15 detik, dan virusnya menyebar di udara,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Noor Hisham Abdullah kepada wartawan.

Dia berbicara sehari setelah The Straits Times melaporkan seorang wanita Malaysia yang mengatakan keluarganya terinfeksi varian Delta meskipun tidak pergi ke mana-mana dan mengandalkan layanan online sejak April.

Malaysia pertama kali mencatat kasus infeksi harian bau pada hari Selasa sebanyak 11.079. Sementara pada Rabu, terdapat 11.618 kasus baru tercatat.

Baca Juga: Gara-gara klaster karaoke, Singapura catat lonjakan kasus Covid-19

Kasus Covid-19 terus melonjak meskipun fakta bahwa negara itu telah dikunci sejak 1 Juni.

Hingga saat ini, negara bagian terpadat di negara itu, Selangor, tetap menjadi pusat infeksi dengan kasus kumulatif mencapai 307.094. Negara bagian ini menyumbang lebih dari setengah dari total harian pada hari Kamis dengan 6.120 kasus.

Malaysia secara keseluruhan telah melaporkan 880.782 kasus sejak awal pandemi awal tahun lalu.

Dr Noor Hisham sebelumnya telah memperingatkan bahwa jumlah kasus baru dapat meningkat selama dua minggu ke depan karena varian Delta yang sangat menular telah terdeteksi di hampir setiap negara bagian.

Baca Juga: Meski kasus rekor, Malaysia akan beri kelonggaran kepada yang sudah divaksin lengkap

Rumah sakit di Malaysia terus berjuang untuk mengatasi peningkatan jumlah pasien Covid-19. Hotel di negara itu diubah menjadi pusat karantina dan perawatan untuk pasien berisiko rendah untuk meringankan beban sistem perawatan kesehatan.

Terlepas dari rekor jumlah kasus, pemerintah pada hari Kamis mengungkapkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk melonggarkan pembatasan pergerakan untuk wagra yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh. Ini termasuk mengizinkan mereka untuk bepergian dan makan di tempat. Pemerintah memproyeksikan Malaysia dapat pindah ke fase kedua dari empat fase yang ditargetkan. 

 

Selanjutnya: Malaysia laporkan 13.215 kasus baru COVID-19, rekor tertinggi baru

 




TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×