kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat kemanjuran vaksin corona Sputnik V buatan Rusia naik menjadi 96%


Jumat, 11 Desember 2020 / 06:20 WIB
Tingkat kemanjuran vaksin corona Sputnik V buatan Rusia naik menjadi 96%
ILUSTRASI. Seorang perawat memperlihatkan sebuah kotak vaksin Rusia 'Sputnik-V' untuk penyakit virus korona (COVID-19) yang disiapkan untuk suntikan dalam tahap uji coba pasca-pendaftaran di sebuah klinik di Moskow, Rusia, Kamis (17/9/2020).


Sumber: TASS | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Komite pengawas pengembangan vaksin corona Rusia pada hari Kamis (10/12) mengatakan bahwa tingkat kemanjuran vaksin Sputnik V naik menjadi 96% dalam uji klinis terbaru.

Dikutip dari TASS, data awal yang diperoleh dalam uji coba vaksin corona Sputnik V Rusia menunjukkan bahwa tingkat kemanjurannya ada di angka 69,3% dalam penyuntikan pertama dan naik menjadi 96% dalam penyuntikan kedua. Sebelumnya, Russian Direct Investment Fund (RDIF) melaporkan bahwa vaksin corona Sputnik V memiliki tingkat kemanjuran 95%.

"Penilaian dilakukan dalam kurun waktu antara hari ke-14 dan ke-21 atau sebelum penyuntikan komponen kedua, sedangkan kelompok penelitian kedua setelah pemberian komponen kedua," ungkap ketua komite pengawas, Ramil Khabriyev.

Dalam penghitungan lebih lanjut, dipastikan bahwa tingkat kemanjurannya naik menjadi 96,2%.

"Jadi, jika kita bandingkan nilai efisiensi hari ini, setelah dihitung dan diserahkan kepada kita, pengembang dan peneliti, menjadi 96,2%," tambahnya.

Baca Juga: Yayasan Bill Gates kucurkan Rp, 3,5 triliun untuk penanganan virus corona

Khabriyev menjelaskan, efisiensi dihitung sebagai rasio efisiensi suntikan antara kelompok yang divaksinasi dengan kelompok yang mendapat plasebo.

Para ahli mencatat bahwa efisiensi sebelum penyuntikan komponen kedua sudah mencapai angka 70%, yang mana angka tersebut bisa lebih tinggi setelah lebih banyak klarifikasi dan perubahan terjadi.

Sputnik V jadi vaksin corona pertama yang terdaftar di dunia

Rusia jadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin corona pada tanggal 11 Agustus lalu. Vaksin Sputnik V dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology of the Russian Health Ministry.

Baca Juga: Sakit kepala hingga nyeri sendi, ini dia efek samping vaksin corona buatan Pfizer




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×