CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.495.000   14.000   0,95%
  • USD/IDR 15.585   85,00   0,54%
  • IDX 7.521   40,52   0,54%
  • KOMPAS100 1.169   8,10   0,70%
  • LQ45 933   4,48   0,48%
  • ISSI 227   2,02   0,90%
  • IDX30 480   1,12   0,23%
  • IDXHIDIV20 578   0,90   0,16%
  • IDX80 133   1,02   0,77%
  • IDXV30 142   1,62   1,15%
  • IDXQ30 161   0,16   0,10%

Tiongkok Bakal Tambah Penerbitan Obligasi untuk Hidupkan Kembali Perekonomian


Sabtu, 12 Oktober 2024 / 11:08 WIB
Tiongkok Bakal Tambah Penerbitan Obligasi untuk Hidupkan Kembali Perekonomian
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A China yuan note is seen in this illustration photo May 31, 2017. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo. Tiongkok akan menambah penerbitan utang pemerintah secara signifikan untuk menghidupkan kembali perekonomian.


Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Tiongkok mengatakan pada hari Sabtu (12/10) akan menambah penerbitan surat utang pemerintah secara signifikan dan menawarkan subsidi pada orang dengan pendapatan rendah guna mendukung pasar properti, mengisi kembali modal bank negara, dan menghidupkan kembali perekonomian. 

Tanpa memberikan rincian tentang besaran stimulus fiskal yang sedang dipersiapkan, Menteri Keuangan Lan Foan mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa akan ada lebih banyak "tindakan kontra-siklus" tahun ini.

"Masih ada ruang yang relatif besar bagi Tiongkok untuk menerbitkan utang," kata Lan.

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu menghadapi tekanan deflasi yang kuat akibat penurunan tajam pasar properti dan kepercayaan konsumen yang lemah, yang telah memperlihatkan ketergantungannya yang berlebihan pada ekspor dalam lingkungan perdagangan global yang semakin tegang.

Berbagai data ekonomi dalam beberapa bulan terakhir telah meleset dari perkiraan, meningkatkan kekhawatiran di kalangan ekonom dan investor bahwa target pertumbuhan pemerintah sekitar 5% tahun ini terancam dan bahwa perlambatan struktural jangka panjang dapat terjadi.

Baca Juga: Boeing Akan PHK 17.000 Pekerja Global dan Menunda Pengiriman Pesawat 777X

Data untuk bulan September, yang akan dirilis minggu depan, diperkirakan akan menunjukkan pelemahan lebih lanjut, tetapi Zheng Shanjie, ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC), perencana negara Tiongkok, mengatakan bahwa ia sepenuhnya yakin bahwa target tersebut akan terpenuhi.

Langkah-langkah stimulus fiskal di Tiongkok telah menjadi subjek spekulasi yang intens di pasar keuangan global setelah pertemuan para pemimpin tertinggi Partai Komunis, Politbiro, pada bulan September, mengisyaratkan meningkatnya rasa urgensi tentang meningkatnya hambatan ekonomi.

Saham China mencapai titik tertinggi dalam dua tahun, melonjak 25% dalam beberapa hari sejak pertemuan tersebut, sebelum mundur karena kekhawatiran akibat tidak adanya rincian lebih lanjut tentang rencana pengeluaran tambahan pemerintah.

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa China berencana untuk menerbitkan obligasi negara khusus senilai sekitar 2 triliun yuan (US$284,43 miliar) tahun ini sebagai bagian dari stimulus fiskal baru.

Separuhnya akan digunakan untuk membantu pemerintah daerah mengatasi masalah utang mereka, sementara separuh lainnya akan mensubsidi pembelian peralatan rumah tangga dan barang-barang lainnya serta membiayai tunjangan bulanan sekitar 800 yuan, atau US$114, per anak untuk semua rumah tangga dengan dua anak atau lebih.

Secara terpisah, Bloomberg News melaporkan bahwa China juga mempertimbangkan untuk menyuntikkan modal hingga 1 triliun yuan ke bank-bank negara terbesarnya untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mendukung perekonomian, terutama dengan menerbitkan obligasi negara baru.

Penerbitan utang tambahan di China biasanya tunduk pada persetujuan resmi oleh parlemennya yang hanya menyetujui, yang diharapkan akan bertemu dalam beberapa minggu mendatang. 

Baca Juga: Trump Bakal Berlakukan Hukuman Mati untuk Imigran yang Membunuh Warga Amerika

Selanjutnya: Hindari Penipuan, Ini 6 Cara Melihat Pemilik Nomor Rekening dan Nomor HP

Menarik Dibaca: 6 Judul Film Bertema Chef, Wajib Ditonton Penggemar Masak




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×