kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tok, FAA tidak izinkan Boeing 737 MAX terbang


Rabu, 11 Desember 2019 / 23:52 WIB
Tok, FAA tidak izinkan Boeing 737 MAX terbang
ILUSTRASI. Foto udara memperlihatkan pesawat Boeing 737 MAX di fasilitas Boeing di Bandara Internasional Grant County, Moses Lake, Washington, 16 September 2019.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Kepala Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) Steve Dickson memastikan, lembaganya tidak akan mengizinkan Boeing Co menerbangkan B737 MAX sebelum akhir 2019.

Kepada CNBC, Rabu (11/12), Dickson mengatakan, di depan Komisi Transportasi dan Infrastruktur DPR AS, ia mengungkapkan, ada hampir selusin masalah yang harus Boeing selesaikan sebelum B737 MAX kembali mengudara.

Para pejabat FAA kepada Reuters awal pekan ini menyebutkan, lembaganya tidak akan mengizinkan B737 MAX terbang hingga Januari tahun depan. Sebab, masih banyak pekerjaan signifikan yang masih harus Boeing lakukan.

Baca Juga: Ada ketidakberesan, Israel minta operator tidak terbangkan pesawat kargo

Saham Boeing langsung merosot 2% setelah pernyataan Dickson tersebut. Produsen pesawat asal AS ini mengatakan, pihaknya akan terus bekerjasama dengan FAA dan regulator penerbangan global untuk sertifikasi B737 MAX.

"Boeing memberikan tekanan yang tidak semestinya kepada FAA untuk menolak teknisi dan para ahli di bidang keselamatan untuk melakukan pemeriksaan," kata Peter DeFazio, Ketua Komisi Transportasi dan Infrastruktur DPR AS, seperti dikutip Reuters.




TERBARU

Close [X]
×