kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump tulis surat untuk Kim Jong Un, tawarkan kerjasama memberantas virus corona


Minggu, 22 Maret 2020 / 08:07 WIB
Trump tulis surat untuk Kim Jong Un, tawarkan kerjasama memberantas virus corona
ILUSTRASI. Kim Jong Un dan Donald Trump


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara menyambut baik surat Presiden Amerika Serikat Donald Trump kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan mengatakan ini adalah pertanda hubungan pribadi yang istimewa dan tegas antara kedua pemimpin negara.

Mengutip Reuters, media Korea Utara mengatakan Kim telah menerima surat dari Trump, dimana Presiden AS itu terkesan dengan upaya pemimpin Korea Utara untuk membela rakyatnya dari virus corona.

Baca Juga: Saat wabah virus corona, Korea Utara kembali tembakkan rudal

Gedung Putih tak segera menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Korea Utara.

"Trump menyatakan niatnya untuk bekerjasama dalam pekerjaan anti epidemi, mengatakan bahwa ia terkesan dengan upaya yang dilakukan oleh pemimpin Korea Utara untuk membela rakyatnya dari ancaman serius epidemi," lapor kantor berita negara Korea Utara KCNA seperti dikutip Reuters.

Surat itu mengatakan bahwa terlepas dari hubungan pribadi yang baik antara para pemimpin, "jika ketidakberpihakan dan keseimbangan tidak tersedia dan niat serakah dan serakah tidak diambil, hubungan bilateral akan terus memburuk."

Asal tahu saja, sejak Trump menggelar pertemuan puncak ketiga dengan Kim Juni 2019 dan secara singkat melangkah ke Korea Utara dari zona demiliterisasi dengan Korea Selatan, tidak ada kemajuan yang dibuat tentang tawaran presiden AS untuk membuat Pyongyang menyerahkan program nuklir dan misilnya.

Baca Juga: Alasan Korut luncurkan rudal dinilai untuk cari perhatian AS dan Korsel

Korea Utara telah mencoba serangkaian peluncuran rudal, termasuk peluncuran dua rudal jarak pendek yang terlihat dalam beberapa hari terakhir, ketika berusaha menekan Amerika Serikat dan sekutunya untuk mencabut sanksi ekonomi.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×