kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tumben, Korea Utara rayakan ulang tahun mendiang Kim Jong-il secara sederhana


Selasa, 16 Februari 2021 / 10:00 WIB
Tumben, Korea Utara rayakan ulang tahun mendiang Kim Jong-il secara sederhana
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat mendatangi makam ayahnya Kim Jong il


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Tak seperti biasanya, Korea Utara merayakan ulang tahun mendiang pemimpin Kim Jong-il secara sederhana pada Selasa (16/2). Perayaan ini dilakukan di tengah spekulasi bahwa Pyongyang mungkin melakukan provokasi besar saat merayakan hari libur nasional terbesarnya.

Asal tahu saja, hari ini adalah ulang tahun ke-79 dari mendingan pemimpin, yang juga merupakan ayah dari pemimpin Korea Utara saat ini Kim Jong-un. 

Korea Utara biasanya mengadakan perayaan besar-besaran, termasuk parade militer, untuk menandai hari libur nasional tersebut.

The Rodong Sinmun, surat kabar resmi Partai Buruh yang berkuasa, dan media pemerintah lainnya memuat artikel yang menampilkan pencapaian Kim Jong-il dan menyerukan kesetiaan yang tak tergoyahkan kepada putranya dan pemimpin saat ini Kim Jong-un.

Baca Juga: Korea Utara ada di posisi terendah dalam indeks demokrasi dunia tahun 2020

"Apa yang menjadi pencapaian revolusioner dari jenderal besar adalah bahwa dia tanpa henti memperkuat kekuatan pertahanan nasional," kata Rodong Sinmun dalam sebuah tajuk rencana. 
"Kamerad Kim Jong-il adalah seorang patriot yang tak tertandingi yang meletakkan dasar yang kuat untuk kekayaan dan kemakmuran dengan gaya dan cara kita sendiri."

"Seluruh partai, seluruh bangsa dan seluruh rakyat harus memusatkan upaya mereka dalam melaksanakan keputusan yang dibuat selama kongres untuk mencapai kemenangan baru dalam membangun sosialisme," ujar surat kabar itu, merujuk pada arah kebijakan yang ditetapkan dalam kongres yang dipimpin Kim di bulan lalu. 

Kantor Berita resmi Korea Utara juga memuat artikel tentang pencapaian Kim Jong-il dan surat ucapan selamat yang dikirim oleh para pemimpin dan organisasi asing. 

Namun, media pemerintah belum melaporkan perayaan besar, seperti parade militer. Mereka juga tidak menyebutkan kunjungan Kim Jong-un ke Istana Matahari Kumsusan, tempat jenazah mantan pemimpin berada di negara bagian.

Pemimpin Kim tidak melewatkan kunjungan ke Istana Matahari Kumsusan pada hari ulang tahun mendiang ayahnya sejak menjabat pada akhir 2011. Media pemerintah telah melaporkan perjalanannya ke mausoleum biasanya pada hari kunjungan atau keesokan harinya.

Para pengamat mengatakan bahwa Korea Utara tampaknya menandai hari libur nasional dengan cara yang sederhana di tengah kampanye nasional melawan pandemi virus corona global yang telah menimbulkan malapetaka pada ekonominya yang sudah rapuh.

Pada kongres partai di bulan lalu, pemimpin Kim mengakui kebijakan ekonomi sebelumnya telah gagal dan meluncurkan rencana pembangunan ekonomi lima tahun baru yang berfokus pada kemandirian.

Baca Juga: Korea Selatan tambah 23 juta pasokan vaksin Covid-19

Kementerian unifikasi Seoul mengatakan, Korea Utara tampaknya telah mengurangi perayaan ulang tahun mendiang pemimpin itu sehubungan dengan kampanye antivirus yang sedang berlangsung tetapi tidak seketat tahun lalu ketika negara itu sangat waspada terhadap penyakit menular.

"Tahun lalu, tidak ada peristiwa penting lain yang dilaporkan terkait dengan ulang tahun mendiang pemimpin itu kecuali perjalanan Kim ke Istana Matahari Kumsusan. Itu adalah perayaan terkecil sejak Kim menjabat," kata seorang pejabat kementerian.

Pejabat itu mengatakan bahwa perayaan tahun ini tampaknya sedikit lebih besar daripada tahun lalu karena Korea Utara mengetahui lebih baik tentang menyesuaikan pedoman anti virus berdasarkan pengalaman dalam memerangi penyakit itu sekitar satu tahun.

Selanjutnya: Korea Selatan dan AS bakal gelar latihan militer skala besar, respons Korea Utara?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×