kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Tumbuhnya Perdagangan Menandai 30 Tahun Hubungan Diplomatik China-Israel


Selasa, 25 Januari 2022 / 11:42 WIB
Tumbuhnya Perdagangan Menandai 30 Tahun Hubungan Diplomatik China-Israel
ILUSTRASI. PM China Li Keqiang dan PM Israel Benjamin Netanyahu bertemu di Great Hall of the People, Beijing, pada 20 Maret 2017. Reuters/Lintao Zhang


Sumber: Global Times,Xinhua | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. China dan Israel memperingati 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Tahun ini, keduanya menyoroti keberhasilan dalam pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di tengah krisis yang sedang melanda.

Pada hari Senin (24/1), Duta Besar China untuk Israel Cai Run dan Menteri Ekonomi dan Industri Israel Orna Barbivay menyampaikan pidato untuk menandai peristiwa bersejarah tersebut.

"Selama 30 tahun terakhir, melalui upaya bersama para pemimpin dan rakyat kedua negara, hubungan China-Israel mencapai pertumbuhan yang sehat dan stabil, dan persahabatan tradisional kami telah diperbarui," kata Cai, seperti dikutip Xinhua.

Lebih lanjut, Cai menambahkan bahwa kepercayaan politik terus tumbuh dalam 30 tahun terakhir melalui beragam kerja sama yang saling menguntungkan.

Baca Juga: Kirim Pesan ke China dan Rusia, Inggris: Negara Barat akan Melawan Kediktatoran

Cai juga berharap kedua negara bisa terus berpegang pada norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional seperti saling menghormati kedaulatan satu sama lain dan tidak mencampuri urusan dalam negeri, agar landasan politik yang kokoh untuk hubungan bilateral bisa diletakkan dengan baik.

"China dan Israel berbagi visi yang sama, kekuatan yang saling melengkapi, potensi besar dan prospek cerah untuk kerja sama. Kami memiliki setiap alasan untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan," tambah Cai.

Saling melengkapi dalam ekonomi dan perdagangan

Mewakili Israel, Barbivay menggarisbawahi bahwa China dan Israel telah saling melengkapi dengan baik dan telah menciptakan banyak kemitraan, menjajaki berbagai peluang bisnis dan berkolaborasi di bidang inovasi selama 30 tahun terakhir.

Israel juga melihat pentingnya memperdalam hubungan ekonomi dengan China dan dengan senang hati akan ikut berkontribusi pada perdagangan, industri, dan kolaborasi teknologi yang lebih kuat antara kedua negara.

Baca Juga: China-Rusia Sepakat akan Melindungi Kazakhstan dari Kekacauan




TERBARU

[X]
×