kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UEA menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 untuk petugas kesehatan


Selasa, 15 September 2020 / 10:18 WIB
UEA menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 untuk petugas kesehatan
ILUSTRASI. Vaksin corona. REUTERS/Siphiwe Sibeko


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - DUBAI. UEA pada hari Senin memberikan persetujuan darurat bagi petugas kesehatan untuk menggunakan vaksin COVID-19 yang saat ini sedang dalam pengujian fase ketiga.

Menteri Kesehatan Abdulrahman Al-Owais mengatakan vaksin itu akan tersedia untuk "pahlawan garis pertahanan pertama, yang paling berisiko tertular COVID-19, melindungi mereka dari bahaya apa pun yang mungkin mereka hadapi karena sifat alami virus."

Dia menambahkan: "Penggunaan darurat vaksin ini epenuhnya sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang memungkinkan peninjauan ulang yang lebih cepat terhadap prosedur perizinan."
Vaksin tersebut merupakan satu dari 26 vaksin di dunia yang telah mencapai tahap uji coba pada manusia.

Ini dikembangkan oleh perusahaan farmasi yang berbasis di China, Sinopharmin. UEA dipilih untuk tahap ketiga pengujian manusia, dengan uji coba dimulai pada bulan Juli bersama dengan perusahaan G42 Healthcare yang berbasis di Abu Dhabi dan pemerintah Abu Dhabi.

Al-Owais mengatakan, hasil dari tahap akhir uji coba tahap ketiga "menunjukkan bahwa vaksin itu aman, efektif dan menghasilkan respons yang kuat melalui pembentukan antibodi melawan virus."
Dia menambahkan: "Langkah-langkah ini diambil dengan tujuan melestarikan kehidupan jutaan orang dan memberikan perawatan kesehatan bagi yang terinfeksi."

Baca Juga: Bisa ditiru, cara santai Swedia berhasil kendalikan Covid-19 dan dipuji WHO

Dr. Nawal Al-Kaabi, kepala Komite Klinik Nasional untuk Virus Corona, mengatakan sekitar 31.000 sukarelawan, termasuk 125 negara telah mengambil bagian dalam uji klinis.
Dia mengatakan hanya efek samping ringan yang dilaporkan sejauh yang diharapkan dengan vaksin apa pun. Tidak ada yang mengalami efek samping yang parah.

Pengumuman itu muncul di tengah lonjakan kasus COVID-19 baru di UEA, yang melaporkan 1.007 kasus pada hari Sabtu, tertinggi sejak dimulainya pandemi. Ada 777 kasus baru pada hari Senin.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, vaksin yang tidak aktif - dibuat dengan virus yang tidak aktif (dimatikan) atau dengan protein dari virus - sudah terkenal dan telah digunakan untuk melawan penyakit seperti influenza dan campak.

Rusia pada Agustus menjadi negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan regulasi untuk vaksin virus corona, setelah kurang dari dua bulan pengujian pada manusia.

Selanjutnya: Kasus Covid-19 di Australia melandai, stimulus ekonomi siap digelontorkan




TERBARU

[X]
×