kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Unjuk rasa menolak kudeta militer pecah di Sudan, 7 orang tewas tertembak


Selasa, 26 Oktober 2021 / 10:48 WIB
Unjuk rasa menolak kudeta militer pecah di Sudan, 7 orang tewas tertembak
ILUSTRASI. Pengunjuk rasa anti kudeta militer membentangkan bendera nasional Sudan di Khartoum, Sudan, 25 Oktober 2021. REUTERS/Mohamed Nureldin Abdallah


Sumber: Al Jazeera | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KHARTOUM. Kudeta militer di Sudan yang terjadi pada hari Senin (25/10) memicu aksi unjuk rasa di ibu kota Khartoum. Sebanyak 7 orang tewas tertembak dan 140 lainnya luka-luka dalam bentrokan antara tentara dan pengunjuk rasa.

Melansir Al Jazeera, ribuan orang ikut serta dalam aksi unjuk rasa menentang pengambilalihan militer di jalan-jalan Khartoum dan Omdurman, pada hari Selasa (26/10). Seorang pejabat kesehatan mengatakan sedikitnya 7 orang tewas akibat tembakan.

Ribuan orang tersebut menghadapi serbuan tembakan di dekat markas militer di Khartoum. Sementara di Omdurman, pengunjuk rasa membarikade jalan-jalan dan meneriakkan dukungan untuk pemerintahan sipil.

Pasukan Kebebasan dan Perubahan, koalisi oposisi utama Sudan, menyerukan pembangkangan sipil dan protes di seluruh negeri dan menuntut agar dewan militer mengembalikan kekuasaan ke pemerintah sipil.

Baca Juga: Upaya kudeta di Sudan, perdana menteri dan pejabat tinggi ditangkap pihak militer

Jenderal Abdel Fattah Al-Burhan, yang mengambil alih pemerintahan, segera membubarkan Dewan Berdaulat militer-sipil yang awalnya dibentuk untuk membawa Sudan menuju demokrasi yang lebih baik pasca digulingkannya pemimpin lama Sudan, Omar Al-Bashir, dua tahun lalu.

Al-Burhan saat ini menyatakan keadaan darurat di seluruh negeri dan memerintahkan militer Sudan untuk aktif menjaga keamanan. Ia berjanji untuk mengadakan pemilihan pada Juli 2023 dan menyerahkan pemerintahan ke pemerintah sipil.

Perdana menteri dan pendukungnya ditahan

Perdana Menteri Sudan, sebagian besar anggota kabinet Sudan, beserta sejumlah pemimpin partai pendukung pemerintah ditangkap pihak militer pada hari Senin.

Melansir Reuters, pasukan militer dan paramiliter Sudan dikerahkan di seluruh ibu kota, Khartoum, dan membatasi pergerakan warga sipil. Di saat yang sama, gelombang unjuk rasa muncul di berbagai wilayah Khartoum.

Baca Juga: Perluas pengaruh di Afrika, Rusia berencana bangun pangkalan angkatan laut di Sudan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×