CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

US Navy perluas penyelidikan penyebaran corona di kapal induk Theodore Roosevelt


Rabu, 29 April 2020 / 23:10 WIB
US Navy perluas penyelidikan penyebaran corona di kapal induk Theodore Roosevelt
ILUSTRASI. The USS Theodore Roosevelt (CVN-71) is seen while entering the port in Da Nang, Vietnam, March 5, 2020. REUTERS/Kham TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) atau The US Navy akan melakukan tinjauan yang lebih luas terkait penyebaran wabah virus corona di atas kapal induk Theodore Roosevelt. Hal itu dikatakan pada hari Rabu (29/4) yang berpotensi menunda keputusan tentang masa depan kapten kapal induk tersebut..

Mengutip Reuters, Kapten Breet Crozier dibebaskan dari komando Kapal Induk Theodore Roosevelt setelah membocorkan surat yang ia tulis yang meminta Angkatan Laut AS melakukan langkah-langkah yang lebih kuat untuk melindungi awak kapal induk yang terjangkit virus corona.

Pekan lalu, Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Mike Gilday merekomendasikan untuk memulihkan kembali status Crozier setelah melakukan penyelidikan awal.

Baca Juga: Pakar militer China: Terserang corona, kemampuan AS untuk berperang sangat menurun

"Saya memiliki pertanyaan yang belum terjawab yang diidentifikasi oleh penyelidikan awal dan itu hanya dapat dijawab dengan tinjauan yang lebih dalam," kata penjabat Sekretaris Angkatan Laut AS James McPherson dalam sebuah pernyataan.

"Oleh karena itu, saya mengarahkan Laksamana Gilday untuk melakukan penyelidikan lanjutan," kata McPherson.

Dia menambahkan bahwa laporan tersebut akan memberikan "pemahaman yang lebih rumit tentang urutan peristiwa, tindakan, dan keputusan rantai komando."

Langkah ini tampaknya sejalan dengan keinginan Menteri Pertahanan AS Mark Esper, yang mendukung penyelidikan tertulis yang lengkap sebelum membuat keputusan apa pun.

Esper telah menerima pengarahan lisan tentang penyelidikan pendahuluan tetapi merasa bahwa itu tidak cukup untuk meneruskan rekomendasi Angkatan Laut.

Baca Juga: China kirim kapal induk dekati Jepang saat angkatan laut AS berjuang melawan corona

Para pejabat mengatakan kepada Reuters bahwa Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley juga mendukung peninjauan yang lebih luas.

Crozier adalah salah satu dari 940 pelaut dari 4.800 anggota awak Roosevelt yang telah dinyatakan positif terkena virus corona, secara efektif menghentikan operasional salah satu kapal paling kuat milik Angkatan Laut.

Crozier dipecat oleh warga sipil penting Angkatan Laut, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Angkatan Laut Thomas Modly, terhadap rekomendasi para pemimpin berseragam, yang menyarankan dia menunggu penyelidikan atas kebocoran surat itu.

Baca Juga: Kapal induk China bergerak di pasifik, Taiwan kerahkan kapal perang

Keputusan Modly menjadi bumerang buruk, ketika anggota kru memuji kapten mereka sebagai pahlawan karena mempertaruhkan karirnya karena kepedulian terhadap kesehatan mereka dalam pengiriman emosional yang direkam pada video yang menjadi viral di media sosial.

Merasa malu, Modly kemudian memperparah masalahnya dengan meninggalkan kapal induk untuk mengolok-olok Crozier karena kebocoran dan mempertanyakan karakternya dalam pidato kepada kru Roosevelt, yang juga bocor ke media. Modly kemudian mengundurkan diri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×