CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,00   11,88   1.18%
  • EMAS971.000 -0,31%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Virus corona varian Omicron terus menyebar, Australia mendeteksi dua kasus baru


Minggu, 28 November 2021 / 15:56 WIB
Virus corona varian Omicron terus menyebar, Australia mendeteksi dua kasus baru
ILUSTRASI. Corona di Australia. REUTERS/Loren Elliott 


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Varian coronavirus Omicron baru terus menyebar ke seluruh dunia pada hari Minggu, dengan dua kasus terdeteksi di Australia, bahkan ketika lebih banyak negara mencoba menutup diri dengan memberlakukan pembatasan perjalanan.

Pejabat kesehatan di negara bagian terpadat di Australia, New South Wales, mengatakan dua penumpang yang tiba di Sydney dari Afrika selatan pada Sabtu malam dinyatakan positif virus corona varian Omicron.

Kedua orang itu tidak menunjukkan gejala, divaksinasi sepenuhnya dan dikarantina, kata NSW Health. 12 penumpang lainnya dari Afrika selatan juga berada dalam karantina hotel selama 14 hari, sementara sekitar 260 penumpang dan awak pesawat lainnya telah diarahkan untuk diisolasi.

Kasus-kasus Australia adalah indikasi terbaru bahwa varian tersebut mungkin terbukti sulit untuk ditahan. 

Pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, sejak itu terdeteksi di Inggris, Jerman, Italia, Belgia, Austria, Botswana, Israel, dan Hong Kong.

Penemuan Omicron, yang dijuluki "varian perhatian" minggu lalu oleh Organisasi Kesehatan Dunia, telah memicu kekhawatiran di seluruh dunia bahwa ia dapat menolak vaksinasi dan memperpanjang pandemi COVID-19 yang hampir dua tahun.

Omicron berpotensi lebih menular daripada varian sebelumnya, meskipun para ahli belum tahu apakah itu akan menyebabkan Covid-19 yang lebih atau kurang parah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Negara-negara telah memberlakukan gelombang larangan atau pembatasan perjalanan di Afrika selatan. 
Pasar keuangan, terutama saham maskapai penerbangan dan lainnya di sektor perjalanan, turun pada hari Jumat karena investor khawatir bahwa varian tersebut dapat menghambat pemulihan global. Harga minyak anjlok sekitar $10 per barel.

Pada hari Minggu, sebagian besar pasar saham Teluk turun tajam di awal perdagangan, dengan indeks Saudi mengalami penurunan satu hari terbesar dalam hampir dua tahun.

Dalam upaya paling jauh untuk mencegah varian tersebut, Israel mengumumkan pada Sabtu malam akan melarang masuknya semua orang asing dan memperkenalkan kembali teknologi pelacakan telepon kontra-terorisme untuk menahan penyebaran varian.

Baca Juga: Catat, WNA yang singgah di delapan negara ini dilarang masuk Indonesia

Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan larangan itu, sambil menunggu persetujuan pemerintah, akan berlangsung selama 14 hari. Pejabat berharap bahwa dalam periode itu akan ada lebih banyak informasi tentang seberapa efektif vaksin melawan Omicron.

Banyak negara telah memberlakukan atau merencanakan pembatasan perjalanan dari Afrika selatan. Pemerintah Afrika Selatan mengecam ini pada hari Sabtu sebagai tidak adil dan berpotensi berbahaya bagi ekonominya - mengatakan sedang dihukum karena kemampuan ilmiahnya untuk mengidentifikasi varian virus corona lebih awal.

Di Inggris, di mana dua kasus terkait Omicron yang diidentifikasi pada hari Sabtu terhubung dengan perjalanan ke Afrika selatan, pemerintah mengumumkan langkah-langkah untuk mencoba menahan penyebaran, termasuk aturan pengujian yang lebih ketat untuk orang yang tiba di negara itu dan mewajibkan pemakaian masker di beberapa pengaturan.




TERBARU

[X]
×