kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wabah COVID-19 berkembang pesat, China waspada tinggi


Senin, 01 November 2021 / 05:54 WIB
Wabah COVID-19 berkembang pesat, China waspada tinggi
ILUSTRASI. Seorang pejabat kesehatan China mengatakan, wabah COVID-19 terbaru di China berkembang pesat. cnsphoto via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Seorang pejabat kesehatan China mengatakan, wabah COVID-19 terbaru di China berkembang pesat. Pihak berwenang menuntut kewaspadaan tinggi di pelabuhan masuk di tengah meningkatnya infeksi di kota perbatasan timur laut yang disebabkan oleh virus yang datang dari luar negeri.

Melansir Reuters, data Komisi Kesehatan Nasional (NHC) menunjukkan, sekitar 377 kasus yang ditularkan di dalam negeri dengan gejala yang dikonfirmasi dilaporkan dari 17-29 Oktober. China telah menangani serangkaian wabah tahun ini setelah berhasil menahan penyebaran nasional pada awal 2020.

Jumlahnya tetap kecil dibandingkan dengan cluster di luar negeri. Namun, saat seluruh dunia mencari cara untuk hidup berdampingan dengan COVID-19, China telah mempertahankan toleransi nolnya, mendesak kewaspadaan di sekitar daerah perbatasan dan pelabuhan untuk mencegah pelancong masuk yang terinfeksi menyebarkan virus ke penduduk setempat.

"Dalam 14 hari terakhir, 14 wilayah provinsi telah melaporkan kasus baru yang ditularkan secara lokal atau pembawa tanpa gejala," kata juru bicara NHC Mi Feng pada hari Sabtu.

Baca Juga: Dilecut kasus impor, kasus corona di China kembali meningkat pesat

"Wabah masih berkembang pesat, dan situasi pengendalian virus parah dan rumit," tambahnya.

Heihe, sebuah kota kecil di timur laut berpenduduk 1,3 juta orang yang terletak di sisi sungai Amur China di perbatasan dengan Rusia, melaporkan 26 kasus lokal pada 29 Oktober, meningkat tajam dari sembilan kasus pada 28 Oktober dan hanya satu kasus pada 27 Oktober. 

"Wabah ini telah mengekspos kelemahan pikiran di antara beberapa otoritas lokal," kata Wu Liangyou, pejabat NHC lainnya.

China, terutama pelabuhan masuk, harus memperkuat skrining tes orang-orang dengan risiko infeksi tinggi dan meningkatkan pemantauan potensi peningkatan, karena virus masih menyebar di negara-negara sekitarnya, kata Wu dalam jumpa pers.

Baca Juga: Intelijen AS mengungkap asal-usul Covid-19 mungkin tidak akan pernah diketahui




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×