kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wanita Terkaya Dunia Tahun 2024 Versi Forbes


Rabu, 03 April 2024 / 16:00 WIB
Wanita Terkaya Dunia Tahun 2024 Versi Forbes
Francoise Bettencourt-Meyers, putri pewaris L'Oreal Liliane Bettencourt, meninggalkan pengadilan di Bordeaux pada hari pembukaan sidang Bettencourt 26 Januari 2015. REUTERS/Regis Duvignau


Sumber: Forbes | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Wanita telah memperoleh peran yang semakin signifikan dalam daftar Miliarder Dunia menurut Forbes. Tahun ini, dari total 2.781 miliarder yang terdaftar, 369 di antaranya adalah wanita.

Persentase ini menunjukkan peningkatan yang berkesinambungan dari tahun sebelumnya, di mana perempuan menyumbang 13,3% dari keseluruhan, naik dari 12,8% pada tahun 2023.

Kekayaan yang dimiliki wanita-wanita ini hampir mencapai US$ 1,8 triliun, menunjukkan peningkatan sebesar US$ 240 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Françoise Bettencourt Meyers, pewaris L’Oréal, mempertahankan gelar sebagai wanita terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut. Dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, kekayaannya melonjak sebesar US$ 19 miliar, membuat total kekayaan bersihnya mencapai US$ 99,5 miliar.

Baca Juga: Berinvestasi di Amazon Bermodal US$ 10.000, Kini Saudara Jeff Bezos Jadi Milarder

Meski demikian, prestasinya belum mengantarkannya sebagai wanita pertama yang mencapai peringkat teratas dalam Klub US$ 100 miliar di Amerika Serikat.

Sejak lebih dari dua dekade, keluarga Bettencourt atau Walton mendominasi peringkat teratas dalam daftar wanita terkaya. Setelah kematian ibunya, Liliane Bettencourt, Françoise Bettencourt Meyers pertama kali memimpin pada tahun 2019, menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh ibunya selama enam tahun.

Di antara wanita terkaya, sebagian besar mewarisi kekayaan mereka dari keluarga, baik itu ayah, suami, atau ibu. Namun, MacKenzie Scott adalah salah satu pengecualian yang mendapat kekayaannya melalui perceraian. Meskipun begitu, ia telah menunjukkan sikap dermawan dengan menyumbangkan sebagian besar kekayaannya. 

Rafaela Aponte-Diamant, salah satu pendiri perusahaan pelayaran terbesar di dunia, kembali menempati posisi sebagai wanita terkaya dalam daftar Forbes. Dia juga merupakan satu-satunya wanita dalam sepuluh besar yang berhasil membangun kekayaannya melalui usaha sendiri.

Baca Juga: Kekayaannya Sempat Menyusut Drastis, Konglomerat Gautam Adani Jadi Terkaya di Asia

Pada tahun ini, sebanyak 100 wanita dalam daftar Forbes berhasil membangun kekayaan mereka sendiri melalui usaha yang mereka dirikan. Di sisi lain, 200 wanita lainnya mewarisi kekayaan mereka, sementara 69 wanita bekerja untuk mengembangkan bisnis yang telah mereka warisi.

Abigail Johnson, CEO Fidelity Investments, adalah contoh wanita terkaya yang mewarisi dan mengembangkan perusahaan yang ia pimpin. Dia berhasil naik ke peringkat kesepuluh tahun ini, menunjukkan kesuksesan dalam mengelola perusahaan yang ia ambil alih dari ayahnya pada tahun 2014.

Terdapat 46 wanita baru yang masuk dalam daftar tahun 2024, sebagian besar karena reli saham atau warisan. Salah satu contoh adalah Märta Schörling Andreen dan Sofia Högberg Schörling dari Swedia, yang menerima warisan dari ayah mereka.

Dua nama baru yang mencuat dalam daftar tersebut adalah Michelle Zatlyn, pendiri Cloudflare, dan Lisa Su, CEO Advanced Micro Devices. Keduanya meraih keuntungan dari kenaikan saham perusahaan masing-masing pada tahun lalu.

Baca Juga: Alice Walton, Wanita Terkaya AS yang Pengaruhnya Lampaui Bidang Keuangan dan Bisnis

Salah satu pendatang baru yang paling mencolok adalah Taylor Swift, yang melalui tur konsernya berhasil menghasilkan pendapatan sekitar US$ 190 juta setelah pajak.

Keberhasilannya ini menjadikannya musisi miliarder pertama yang mencapai status tersebut hanya melalui pertunjukan, rekaman, dan katalog musiknya yang menguntungkan. Dengan pencapaiannya itu, ia resmi menjadi miliarder pada bulan Oktober.

Berikut 10 wanita terkaya di dunia versi Forbes pada 2024

1. Françoise Bettencourt Meyers & family, US$ 99,5 miliar
2. Alice Walton, US$ 72,8 miliar
3. Julia Koch & family, US$ 64,3 miliar
4. Jacqueline Mars, US$ 38,5 miliar
5. MacKenzie Scott, US$ 35,6 miliar
6. Savitri Jindal & family, US$ 33,5 miliar
7. Rafaela Aponte-Diamant, US$ 33,1 miliar
8. Miriam Adelson & family, US$ 32 miliar
9. Gina Rinehart, US$ 30,8 miliar
10.Abigail Johnson, US$ 29 miliar




TERBARU

[X]
×