kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga Palestina: Tentara Israel Menggunakan Tameng Manusia di Tepi Barat


Selasa, 16 Januari 2024 / 20:13 WIB
Warga Palestina: Tentara Israel Menggunakan Tameng Manusia di Tepi Barat
ILUSTRASI. Warga Palestina menghadapi tentara Israel yang menyerbu Huwara, Tepi Barat yang diduduki Israel, 26 Mei 2022. REUTERS/Raneen Sawafta


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - DURA, Tepi Barat. Seorang pemilik toko Palestina mengatakan, pasukan Israel menggunakan dia sebagai perisai manusia untuk melindungi diri mereka sendiri selama serangan di kota Dura di Tepi Barat.

Rekaman telepon seluler menunjukkan, Baha Abu Ras digiring ke jalan oleh seorang tentara yang membimbingnya dari belakang dengan satu tangan dan memegang senapan di bahunya dengan tangan lainnya. Dua tentara Israel maju dengan hati-hati di belakang, senapan mereka terangkat.

Baca Juga: Pejabat Hamas: Jumlah Kematian Akibat Perang di Gaza Mencapai 24.000 Orang

Abu Ras mengatakan, dia diambil dari toko ponselnya pada hari Senin (15/1) di Dura, dekat kota Hebron, setelah tentara Israel menggeledah tempat itu dalam sebuah penggerebekan. Di mana para pejabat Palestina mengatakan, dua warga Palestina ditembak mati.

“Dia (tentara pertama) mengatakan kepada saya bahwa dia akan menggunakan saya sebagai tameng manusia bahwa generasi muda tidak boleh melemparkan batu,” kata Abu Ras kepada Reuters.

"'Kamu akan berjalan di depanku.' Itulah yang terjadi dan dia membawaku ke pusat kota."

Ketika ditanya tentang insiden tersebut, militer Israel belum memberikan komentar. Dikatakan dalam pernyataan sebelumnya bahwa pasukan di Dura telah menggunakan peluru tajam untuk membubarkan sekitar 100 orang yang melemparkan batu dan menembakkan bom ke arah mereka.

Baca Juga: Israel Akan Serahkan Pemerintahan Gaza Kepada Palestina Setelah Perang Usai

Israel telah melakukan serangan berulang kali di kota-kota Tepi Barat sejak orang-orang bersenjata dari kelompok militan Palestina Hamas di Jalur Gaza mengamuk di Israel selatan pada 7 Oktober, memicu perang Israel-Hamas di Gaza.

Penggunaan perisai manusia dikutuk secara luas berdasarkan hukum internasional. Israel menuduh Hamas menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia di Gaza, tuduhan yang dibantah oleh kelompok militan tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×