Warning China: AS bakal Tanggung Semua Konsekuensi jika Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan

Rabu, 27 Juli 2022 | 23:31 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Warning China: AS bakal Tanggung Semua Konsekuensi jika Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan

ILUSTRASI. China memperingatkan, Washington akan menanggung konsekuensi jika Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan. REUTERS/Tom Brenner.

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China memperingatkan, Washington akan menanggung konsekuensi jika Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan, dengan ketegangan yang meningkat antara kedua negara.

"Kami dengan tegas menentang kunjungan Ketua DPR AS Pelosi ke Taiwan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada konferensi pers reguler, Rabu (26/7).

"Jika AS tetap nekad dan melewati garis yang China tetapkan, AS akan menanggung semua konsekuensi yang timbul darinya," tambahnya, seperti dikutip Channel News Asia.

Baca Juga: Warning China: Kami Ambil Tindakan Tegas dan Kuat jika Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan

Rencana kunjungan Pelosi telah menimbulkan kekhawatiran dalam Pemerintahan Presiden Joe Biden, yang cemas perjalanan itu bisa melewati batas terlarang China.

Pelosi mengatakan kepada wartawan pekan lalu, "penting bagi kami untuk menunjukkan dukungan bagi Taiwan", tapi menyangkal Kongres AS mendorong kemerdekaan atas pulau itu.

Sebelumnya, pekan lalu, China mengeluarkan peringat serupa, akan mengambil tindakan tegas jika Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan, setelah Financial Times melaporkan, dia akan pergi ke pulau itu bulan depan.

Baca Juga: CIA: Perang Ukraina Bikin China Memikirkan Kapan Mereka Akan Serang Taiwan

Pelosi dan delegasinya juga akan mengunjungi Indonesia, Jepang, Malaysia, dan Singapura, serta menghabiskan waktu di Hawaii di markas komando Indo-Pasifik AS, menurut Financial Times, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Zhao Lijian menyatakan, setiap kunjungan Pelosi akan "sangat merusak kedaulatan dan integritas teritorial China".

"Jika pihak AS dengan keras berpegang pada jalur ini, China pasti akan mengambil tindakan tegas dan kuat untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorialnya dengan tegas," katanya.

"Amerika Serikat harus bertanggungjawab penuh atas semua konsekuensi yang disebabkan oleh ini," tegas dia, seperti dikutip Reuters.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru