kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.439.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Warren Buffett Beli Saham Perusahaan Ini Senilai US$7 Miliar, Bagaimana Prospeknya?


Rabu, 04 September 2024 / 20:58 WIB
Warren Buffett Beli Saham Perusahaan Ini Senilai US$7 Miliar, Bagaimana Prospeknya?
ILUSTRASI. Berkshire kini memiliki saham senilai US$7 miliar (sekitar 6% dari total saham yang beredar) di Chubb. REUTERS/Rick Wilking/File Photo


Sumber: Yahoo Finance | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhir tahun lalu, Warren Buffett dan perusahaan holdingnya, Berkshire Hathaway (NYSE: BRK.A)(NYSE: BRK.B), mulai menginvestasikan miliaran dolar ke dalam satu saham.

Biasanya, ini akan memicu pengungkapan yang memaksa perusahaan untuk mengungkapkan saham apa yang mereka beli. Namun, Buffett dan timnya meminta pengecualian dari Securities and Exchange Commission (SEC) untuk memungkinkan mereka mengakumulasi posisi besar secara rahasia.

Saham apa yang dibeli Buffett? Ternyata, Berkshire kini memiliki saham senilai US$7 miliar (sekitar 6% dari total saham yang beredar) di Chubb (NYSE: CB), perusahaan asuransi properti dan kecelakaan publik terbesar di dunia. 

Baca Juga: CEO Nvidia Jensen Huang Terpental dari Klub US$100 Miliar: Kekayaannya Turun Drastis

Apa yang Menarik dari Saham Asuransi Chubb?

Chubb adalah perusahaan asuransi yang belum dikenal banyak orang, meskipun perusahaan asuransi telah menjadi fondasi kesuksesan investasi jangka panjang Buffett. Mengapa?

Perusahaan asuransi yang dimiliki sepenuhnya oleh Berkshire memberikan Berkshire tingkat kas investable yang konsisten, yang dapat mereka alokasikan terlepas dari kondisi pasar.

"Perusahaan asuransi menerima premi di muka dan membayar klaim kemudian. Model ini memungkinkan kami memegang sejumlah besar uang yang kami sebut 'float' yang pada akhirnya akan diberikan kepada orang lain. Sementara itu, kami dapat menginvestasikan float ini untuk keuntungan Berkshire," ujar Buffett.

Float dan Keuntungan Investasi

Kas ekstra yang diinvestasikan Berkshire tanpa bunga yang dikenal sebagai float membantu bisnis asuransi menghasilkan keuntungan bahkan jika mereka menulis polis tanpa keuntungan yang diharapkan.

Mereka bahkan dapat memperoleh keuntungan bersih dengan underwrite polis pada kerugian dengan menghasilkan cukup banyak pendapatan investasi. Kadang-kadang, keuntungan underwriting juga terwujud, menambah lebih banyak lagi tumpukan kas yang dapat diinvestasikan oleh Buffett.

Baca Juga: Warren Buffett Miliki Tumpukan Uang Tunai US$277 Miliar, Waktunya Berhenti Investasi?

"Jika premi melebihi total biaya dan kerugian yang akan datang, kami mencatat keuntungan underwriting yang menambah pendapatan investasi yang dihasilkan dari float. Kombinasi ini memungkinkan kami menikmati penggunaan uang gratis dan, lebih baik lagi, dibayar untuk menyimpannya," Buffett menjelaskan.

Apakah Chubb Saham yang Baik untuk Portofolio Anda?

Chubb adalah tambahan yang sangat baik dalam portofolio Buffett. Berkshire sudah memiliki portofolio bisnis asuransi, dan ini adalah sektor yang dikenal baik oleh Buffett.

Meskipun Buffett tidak akan memiliki kontrol langsung atas float yang dapat diinvestasikan Chubb karena Berkshire hanya memiliki 6% dari perusahaan, ketertarikan Buffett pada perusahaan ini dapat membuka strategi alokasi modal yang lebih optimal kemenangan bagi Berkshire dan Chubb.

Dalam beberapa dekade terakhir, keuntungan underwriting telah menyusut secara signifikan akibat meningkatnya kompetisi. Namun, tren mulai berubah. Pada kuartal lalu, Chubb mencatat rasio gabungan sebesar 84,2%.

Artinya, untuk setiap US$100 premi yang dikumpulkan, Chubb hanya perlu membayar US$84,20 dalam klaim keuntungan underwriting sekitar 15%. Ini adalah salah satu faktor yang menarik perhatian Buffett. Chubb adalah underwriter yang ketat dan sepanjang sejarahnya, menghindari memasuki pasar yang sangat kompetitif dengan margin tipis.

Baca Juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Kekayaannya Bahkan Melampaui PDB Banyak Negara

Valuasi dan Prospek Chubb

Chubb mungkin tidak akan membuat Anda menjadi jutawan dalam semalam. Ini adalah bisnis yang lambat dan stabil, mirip dengan Berkshire. Dan seperti Berkshire, Chubb telah terbukti mampu mengungguli pasar dalam jangka panjang.

Anda hanya perlu bersabar. Sejak 1993, saham Chubb telah naik sebesar 5.290% dibandingkan dengan total return S&P 500 yang hanya 2.170%. Selama tiga tahun terakhir, Chubb telah mengungguli pasar sebesar hampir 33 poin persentase. Namun, ada banyak periode di mana Chubb menjadi laggard, meskipun mengatasi defisit ini seiring waktu.

Saat ini, valuasi Chubb merupakan titik masuk yang sempurna bagi investor jangka panjang. Valuasi saat ini jelas cukup baik untuk uang Buffett.

Saham diperdagangkan hanya 12 kali laba dan 1,9 kali nilai buku, angka yang sebenarnya terlalu tinggi karena program pembelian kembali saham multibillion Chubb yang telah secara artifisial menekan nilai buku akuntansi.

Perusahaan ini bukanlah nilai yang sangat murah, tetapi merupakan bisnis berkualitas tinggi yang diperdagangkan pada valuasi yang lebih dari adil. Tidak heran Buffett telah mengumpulkan saham-saham ini.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×