kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett buyback saham Berkshire Hathaway senilai Rp 75,03 Triliun


Minggu, 09 Agustus 2020 / 13:58 WIB
Warren Buffett buyback saham Berkshire Hathaway senilai Rp 75,03 Triliun
ILUSTRASI. Ketua Berkshire Hathaway Warren Buffett berjalan melalui ruang pameran ketika pemegang saham berkumpul untuk mendengar dari investor miliarder pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway Inc di Omaha, Nebraska, AS, 4 Mei 2019.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Investor kawakan, Warren Buffett melakukan pembelian kembali atau buycback saham perusahaannya yakni Berkshire Hathaway senilai US$ 5,1 miliar atau setara Rp 75,03 triliun pada Sabtu (8/9).

Ini merupakan rekor buyback di kuartal kedua karena bisnis Buffett terganggu akibat pandemi corona (Covid-19).

Dilansir dari Investor, Sabtu (8/8), nilai buyback tersebut meningkat dua kali lipat dari realisasi kuartal keempat 2019 yakni US$ 2,2 miliar. Ini merupakan pembalikan dari buyback yang lebih lambat sebesar US$ 1,7 miliar pada kuartal pertama.

Baca Juga: Rajin masuk pasar, kekayaan Warren Buffett bertambah Rp 84,7 triliun dalam sepekan

Pada Mei lalu, Buffett menyebut aksi buyback tidak menarik dari transaksi keuangan lain. Sebab, harga saham tersebut tidak jatuh. "Di mana itu benar - benar terasa jauh lebih baik bagi kami daripada hal-hal lain, termasuk nilai opsi uang, untuk naik secara besar - besaran. Dan ini jalan besar," kata Buffett.

Namun Buffet berubah pikiran. Ia melakukan buyback saham Berkshire atau bertolak belakang dengan aksi penjualan saham senilai US$ 13 miliar yang dilakukannya. Ini merupakan aksi penjualan saham terbesar lebih dari satu dekade, ketika dia menguangkan saham maskapai penerbangannya.

Dengan lonjakan penjualan saham tersebut, nilai kas Berkshire naik ke rekor tertinggi baru yakni US$ 146,6 miliar atau naik dari realisasi kuartal pertama sebesar US$ 137 miliar.

Baca Juga: Pemimpin Hezbollah bantah pihaknya terlibat dalam ledakan di Lebanon

Sebelum laporan kuartal kedua, Buffett telah menunjukkan tanda-tanda akan menggunakan uang lebih besar dari itu  untuk digunakan. Pada awal Juli, perusahaan setuju untuk mengakuisisi aset transmisi dan penyimpanan gas alam dari Dominion Energy ( DE ) senilai US$ 10 miliar.

Dan selama beberapa minggu terakhir, Berkshire terus mengapit saham Bank of America Corp (BAC) dengan membeli lebih dari US$ 2 miliar saham.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×