Warren Buffett Mengakuisisi 9,5% Saham Produsen Game Call of Duty dan Candy Crush

Selasa, 03 Mei 2022 | 04:35 WIB Sumber: Reuters
Warren Buffett Mengakuisisi 9,5% Saham Produsen Game Call of Duty dan Candy Crush

ILUSTRASI. Warren Buffett mengambil peluang pembelian saham di tengah proses akuisisi Activision oleh Microsoft.


KONTAN.CO.ID - OMAHA. Saham Activision Blizzard Inc naik pada Senin (2/5) setelah Warren Buffett mengatakan Berkshire Hathaway Inc telah mengakuisisi 9,5% saham di pembuat video game. Microsoft Corp sebelumnya sepakat untuk membeli Activision dengan nilai US$ 68,7 miliar.

Buffett mengungkapkan investasi sekitar US$ 5,6 miliar di Activision pada hari Sabtu di pertemuan tahunan Berkshire di Omaha, Nebraska. Dia mengatakan, dia dapat meningkatkan kepemilikan di atas 10%.

Saham Activision naik US$ 2,46, atau 3,25%, menjadi US$ 78,06 pada perdagangan sore setelah sebelumnya naik menjadi US$ 78,22. Harga saham produsen game ini tetap jauh di bawah US$ 95 per saham yang ditawarkan Microsoft pada 18 Januari.

Merger ini akan menggabungkan Activision, yang waralabanya termasuk Call of Duty dan Candy Crush, dengan Microsoft Xbox, yang membuat konsol game dan yang waralabanya termasuk Halo.

Baca Juga: Warren Buffett Mau Masuk, Saham Perusahaan Gim Candy Crush Langsung Naik

Buffett tampaknya percaya harga saham Activision rendah karena investor terlalu pesimistis tentang apakah regulator AS dan Uni Eropa akan menyetujui merger Activision dengan Xbox. Salah satu manajer portofolio Buffett telah mengakumulasi US$ 1,1 miliar saham di Activision akhir tahun lalu. Tetapi Buffett mengatakan bahwa taruhan berikutnya adalah miliknya.

"Kami ingin memperjelas bahwa ini adalah keputusan Warren Buffett, dan dia tidak tahu apa yang akan dilakukan Departemen Kehakiman, dia tidak tahu apa yang akan dilakukan Uni Eropa," kata Buffett seperti dikutip Reuters

"Satu hal yang kami tahu adalah Microsoft punya uang," imbuh dia. Microsoft dan Activision tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga: Warren Buffett Ungkap Keranjang Investasi Barunya di Pertemuan Tahunan Berkshire

Berkshire telah menghabiskan banyak uang, setelah membeli US$ 51,1 miliar saham termasuk Chevron Corp dan Occidental Petroleum Corp. Dia bahkan menambah porsi besar kepemilikan di Apple Inc, pada kuartal pertama.

Investasi Activision dapat menghasilkan keuntungan sekitar US$ 1 miliar untuk Berkshire, berapa nilai investasinya.

Buffett mengatakan dia jarang melakukan investasi semacam ini yang merupakan suatu bentuk arbitrase. Investasi arbitrase ini harus besar agar masuk akal bagi perusahaannya yang bernilai US$ 712 miliar.

"Ketika dia melihat investasi, dia selalu melihat peluang, dan itu harus jelas menguntungkannya atau dia tidak akan tertarik," kata Paul Lountzis, presiden Lountzis Asset Management LLC, investor lama Berkshire kepada Reuters.

Baca Juga: Warren Buffett Memuji Elon Musk, Jeff Bezos dan Membahas Usia Tua

"Meskipun dia menghabiskan US$ 51 miliar untuk ekuitas, itu cara yang baik untuk menyebarkan modal tambahan," tambah Lountzis.

Buffett mengatakan dia melakukan investasi serupa yang lebih kecil baru-baru ini. Dia membeli saham Red Hat Inc setelah IBM Corp setuju pada 2018 untuk membeli perusahaan perangkat lunak seharga $ 34,8 miliar. Dia juga membeli saham Monsanto Co setelah Bayer AG setuju pada tahun 2016 untuk membeli pembuat pembunuh gulma Roundup seharga US$ 63 miliar.

Berkshire, "Sangat beruntung karena itu menjadi akuisisi yang buruk bagi Bayer," kata Buffett.

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru