kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Warren Buffett: Tak perlu melakukan hal luar biasa untuk mendapatkan hasil luar biasa


Kamis, 24 Oktober 2019 / 11:17 WIB
Warren Buffett: Tak perlu melakukan hal luar biasa untuk mendapatkan hasil luar biasa
ILUSTRASI. Investor kawakan Warren Buffett REUTERS/Rick Wilking/File Photo

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses di seluruh dunia. Kutipan Warren Buffett, tulisan (terutama surat tahunan kepada pemegang saham) adalah harta pengetahuan yang sangat berharga.

Apa yang membuat gaya investasinya menarik adalah bahkan investor kecil pun dapat mengikuti sarannya dan menghasilkan banyak uang. Warren Buffet tidak pelit untuk membagikan ilmunya kepada dunia, dan banyak dari kutipannya dapat menjadi oase segar bagi sebagian besar investor, terutama jika Anda adalah investor pemula.

Dari ratusan kutipan Warren Buffett di internet, ada satu kutipan yang menarik. Yakni: "Tidak perlu melakukan hal-hal luar biasa untuk mendapatkan hasil yang luar biasa”.

Baca Juga: Warren Buffett: Dana tunai adalah raja

Sebagian besar investor meyakini bahwa lebih banyak upaya atau kerja keras akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Walaupun ini mungkin benar untuk aspek kehidupan lainnya, itu jelas tidak benar dalam kasus pasar saham. Untuk memaksimalkan return, banyak investor bermain sulap dengan saham dalam portofolio mereka, bahkan sangat sering, sehingga mereka tidak menyadari bahwa itu hampir tidak pernah membuat perbedaan.

Sebuah penelitian menunjukkan perbedaan kinerja antara menyulap portofolio versus menahan stok untuk jangka panjang. Ternyata, mereka yang menyimpan stok untuk jangka waktu yang lebih lama mendapatkan return yang jauh lebih baik daripada mereka yang sering menggonta-ganti saham.

Baca Juga: Pengakuan Warren Buffett soal pelajaran paling mengejutkan yang pernah dia pelajari

Ini masuk akal juga. Jika Anda berpikir secara logis, mencoba menghitung waktu pasar saham hampir mustahil, kecuali Anda membeli saat harga ekstrem di bawah dan menjual di harga atas ekstrem pula. Tidak ada cara lain yang bisa mengalahkan investasi jangka panjang.

Ketika Anda menahan saham lebih lama, hal itu tidak hanya memotong biaya investasi Anda (seperti komisi broker, bea materai dan pajak), namun hal itu juga memberikan kekuatan pada pekerjaan dalam meracik saham yang menguntungkan, menciptakan sumber pendapatan pasif murni tanpa usaha atau biaya apa pun.

 

 



TERBARU

[X]
×