kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett Tempatkan 78% Portofolionya Senilai US$ 369 Miliar Hanya di 6 Saham


Minggu, 10 Maret 2024 / 14:45 WIB
Warren Buffett Tempatkan 78% Portofolionya Senilai US$ 369 Miliar Hanya di 6 Saham
ILUSTRASI. Warren Buffett Tempatkan 78% Portofolionya Senilai US$ 369 Miliar Hanya di 6 Saham ini.


Sumber: The Motley Fool | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama hampir enam dekade, Warren Buffett telah menunjukkan keahliannya dalam mengalahkan Wall Street.

Sejak mengambil alih jabatan CEO Berkshire Hathaway pada pertengahan tahun 1960an, dia memimpin saham Kelas A perusahaannya dengan tingkat pengembalian agregat yang mencengangkan sebesar 4.961.342% , sejak bel penutupan pada 1 Maret 2024.

Banyak buku telah ditulis membahas filosofi investasi yang memungkinkan Oracle of Omaha mengalahkan indeks acuan Wall Street, S&P 500. Ciri-ciri ini termasuk membeli saham di bisnis bermerek dengan tim manajemen yang kuat, serta berinvestasi dengan jangka panjang. 

Namun jika ada satu katalis bagi keberhasilan investasi Buffett yang tidak mendapatkan cukup kredit, itu adalah kegemarannya pada konsentrasi portofolio. Baik dia maupun Charlie Munger yang baru saja wafat, yang digambarkan Buffett sebagai "Arsitek Berkshire Hathaway" dalam surat tahunannya kepada pemegang saham, sangat yakin bahwa ide investasi utama mereka layak mendapat bobot tambahan. 

Baca Juga: Warren Buffett Ogah Beli Saham Jika Tak Penuhi 2 Kriteria Ini

Jika saham-saham teratas ini berkinerja baik, kemungkinan besar saham Berkshire Hathaway akan naik lebih tinggi lagi.

Berdasarkan nilai penutupan mulai 1 Maret 2024, 78%, atau senilai sekitar US$ 290 miliar dari tptal portofolio investasi yang senilai US$ 369 miliar yang diawasi Warren Buffett di Berkshire Hathaway hanya diinvestasikan pada enam saham.

1. Apple (44%)

Pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki investor tentang keinginan Buffett untuk memusatkan portofolio perusahaannya dapat dijawab dengan melihat saham besar Berkshire di saham teknologi Apple. 

Bahkan setelah Buffett dan timnya mengurangi kepemilikan perusahaan mereka di Apple sekitar 1% selama kuartal yang berakhir pada bulan Desember, perusahaan tersebut masih menyumbang 44% dari aset yang diinvestasikan.

Inovasi Apple telah mendorong kinerja sahamnya yang lebih baik selama bertahun-tahun. Sejak memperkenalkan iPhone berkemampuan 5G pada kuartal keempat tahun 2020, iPhone secara konsisten menguasai 50% atau lebih pangsa pasar ponsel pintar AS.

Namun inovasi ini melampaui produk fisiknya yang terkenal. Selama bertahun-tahun, CEO Tim Cook telah mengawasi transformasi yang menekankan pada layanan berlangganan. 

Baca Juga: 7 Rahasia dari Warren Buffett untuk Mendongkrak Karier

Jelasnya, Apple tidak melupakan produk fisiknya, seperti iPhone, Mac, dan iPad, yang membuatnya terkenal. Sebaliknya, perusahaan ini berkembang menjadi perusahaan platform yang akan semakin meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjaga pelanggan tetap berada dalam ekosistem produk dan layanannya.

Tidak dapat disangkal bahwa Oracle of Omaha juga merupakan penggemar program pengembalian modal Apple yang terkemuka di dunia. Sejak memperkenalkan program pembelian kembali saham pada tahun 2013, Apple telah membeli kembali saham biasa senilai lebih dari US$ 600 miliar.

2. Bank of America (9,6%)

Perusahaan lain yang jelas disukai oleh Warren Buffett dan asisten investasinya, Todd Combs dan Ted Weschler adalah Bank of America. Berkshire memiliki lebih dari 13% saham BofA yang beredar, yang setara dengan nilai pasar hampir US$ 35,5 miliar.

Daya tarik saham finansial untuk Oracle of Omaha selalu menjadi sifat siklus industri ini. Meskipun resesi merupakan bagian yang tidak dapat dihindari dalam siklus ekonomi, kemerosotan ekonomi dapat berlalu dengan cepat. 

Baca Juga: Bukan Emas, Warren Buffett Pilih Investasi ke Komoditas Ini

Meskipun tidak ada resesi sejak akhir Perang Dunia II yang berlangsung lebih dari 18 bulan, dua periode pertumbuhan dalam rentang waktu yang sama bertahan setidaknya selama satu dekade. 

Perusahaan seperti Bank of America seharusnya dapat berhasil mengembangkan portofolio pinjamannya seiring dengan berkembangnya perekonomian AS.

Menariknya, Bank of America juga mempunyai keunggulan dalam iklim ekonomi saat ini sebagai bank yang paling sensitif terhadap suku bunga di antara semua bank pusat uang AS. 

Dengan kata lain, tidak ada bank yang akan mengalami pergeseran pendapatan bunga bersih seiring dengan perubahan suku bunga. Siklus kenaikan suku bunga The Fed yang paling agresif sejak awal tahun 1980an telah menambah miliaran dolar pendapatan bunga bersih ke pendapatan BofA setiap kuartalnya.

Baca Juga: Warren Buffett Terkenal dengan Investasi Puntung Cerutu di Awal Karirnya

Selain itu, BofA biasanya memberikan pengembalian lebih dari US$ 20 miliar kepada pemegang saham setiap tahun melalui dividen dan pembelian kembali ketika perekonomian AS sedang berjalan baik.




TERBARU

[X]
×