kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Uang saya ... adalah tempat mulut saya berada


Senin, 28 Oktober 2019 / 16:08 WIB
Warren Buffett: Uang saya ... adalah tempat mulut saya berada
ILUSTRASI. Di umur 84 tahun, Warren Buffet menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan yang mencapai Rp 818 triliun. Di balik keberhasilan, kesederhanaan, dan sifat dermawannya, CEO Berkshire Hathaway ini ternyata memiliki kebiasaan yang cukup unik.Ter


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Kutipan Warren Buffett tentang investasi sangat terkenal karena kesederhanaan dan kebijaksanaannya. 

Saat bicara soal investasi, uang atau bahkan kehidupan, pendiri Berkshire Hathaway ini selalu mencari kata yang tepat untuk mengedepankan inspirasi. 

Baca Juga: Warren Buffett: Tak perlu melakukan hal luar biasa untuk mendapatkan hasil luar biasa

Untuk memulai kutipan Warren Buffett tentang investasi ini, berikut adalah kutipan langsung dari suratnya tahun 2013 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway:

"Uang saya ... adalah tempat mulut saya berada: Apa yang saya sarankan di sini pada dasarnya identik dengan instruksi tertentu yang telah saya sebutkan dalam surat wasiat saya. Satu wasiat yang saya berikan menyatakan bahwa uang tunai akan dikirimkan kepada wali amanat untuk keuntungan istri saya. (Saya harus menggunakan uang tunai untuk warisan individu, karena semua saham Berkshire saya akan sepenuhnya didistribusikan ke organisasi filantropi tertentu selama sepuluh tahun setelah penutupan estate saya.) Saran saya kepada wali amanat tidak bisa lebih sederhana: Masukkan 10% dari uang tunai dalam obligasi pemerintah jangka pendek dan 90% dalam dana indeks S&P 500 yang sangat murah. (Saya sarankan Vanguard's.) Saya percaya, hasil jangka panjang kepercayaan dari kebijakan ini akan lebih unggul daripada yang dicapai oleh sebagian besar investor — apakah itu dana pensiun, institusi atau individu — yang mempekerjakan manajer dengan upah tinggi."

Baca Juga: Warren Buffett: Anda tak bisa dapatkan bayi dalam sebulan dengan menghamili 9 wanita

Anda tidak bisa mendapatkan instruksi yang lebih jelas lagi daripada ini: reksadana, terutama dana indeks berbiaya rendah, adalah jenis investasi terbaik bagi sebagian besar investor yang ingin mengungguli portofolio rata-rata yang dikelola dalam jangka panjang.

Baca Juga: Warren Buffett: Takutlah saat orang lain serakah

Dan bahkan kutipan terbaik Warren Buffett tentang investasi dan kehidupan dapat ditafsirkan sebagai instruksi implisit untuk berinvestasi dalam reksadana. Kekuatan dalam penerapan universal kebajikan seperti kesederhanaan, kesabaran, moderasi, dan keragaman adalah inti dari filosofi Buffett.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×