kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Uang Tidak Berguna Bagi Saya


Selasa, 19 September 2023 / 08:18 WIB
Warren Buffett: Uang Tidak Berguna Bagi Saya
ILUSTRASI. Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, pernah berkata: Uang tidak berguna bagi saya. Waktu mempunyai manfaat bagi saya. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, pernah berkata: “Uang tidak berguna bagi saya. Waktu mempunyai manfaat bagi saya.”

Mengutip laman Money Wise, dalam wawancara tahun 2016 di The David Rubenstein Show: Peer-to-Peer Conversations di Bloomberg, pimpinan Berkshire Hathaway itu mengatakan jika ada sesuatu yang ada dalam daftar keinginannya, dia pasti sudah melakukannya.

“Uang untuk melakukan perjalanan atau memiliki lebih banyak rumah atau memiliki perahu atau semacamnya – tidak ada gunanya sama sekali bagi saya,” jelasnya.

Sebaliknya, Buffett menghargai waktu yang tersisa.

Berusia 86 tahun dan masih bekerja keras pada saat wawancara, Buffett terkekeh membayangkan melakukan hal-hal yang dilakukan banyak orang seusianya seperti bersantai, bermain shuffleboard, dan menikmati masa pensiun.

“Biasanya mereka menghabiskan waktu seminggu penuh untuk merencanakan potongan rambut mereka. Saya bisa melakukan, setiap hari, apa yang saya sukai dengan orang-orang yang saya cintai. Tidak ada yang lebih baik dari itu,” jelasnya.

Warren Buffett mengakui bahwa kesenangan terbesarnya dalam hidup adalah menjalankan bisnis, menghasilkan investasi yang menguntungkan, dan tentu saja, menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Baca Juga: 9 Petuah Warren Buffett agar Bahagia dan Sukses

Dia berkata bahwa dia memandang perusahaannya, Berkshire Hathaway, seperti seorang pelukis memandang sebuah lukisan. Perbedaannya adalah bahwa kanvas merupakan media yang terbatas. Sementara, tidak ada garis finis di Berkshire dan ini adalah permainan yang dapat terus Anda mainkan.

Memenangkan permainan kehidupan tidak berarti Anda harus menghasilkan miliaran dolar dan menjalankan kerajaan bisnis seperti Buffett. 

Berikut beberapa cara lain untuk memanfaatkan waktu Anda seperti yang dikutip dari Money Wise dan GoBankingRates:

1. Uang dapat memberi Anda waktu

Buffett mengatakan “uang tidak mempunyai kegunaan” baginya. Namun dia memahami bagaimana hal itu terjadi pada rata-rata orang Amerika yang mungkin tidak ingin bekerja sampai mereka berusia 93 tahun seperti dia.

Jika Anda menabung dan menginvestasikan uang Anda dengan bijak selama masa kerja, Anda dapat mempersiapkan diri untuk sukses di masa pensiun.

Baca Juga: 10 Pesan Inspiratif Bagi Generasi Muda dari Warren Buffett

Idealnya, itu berarti Anda dapat menikmati waktu luang di tahun-tahun emas Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai bersama orang-orang yang Anda cintai.

Buffett mengatakan dia tidak tertarik untuk memiliki banyak rumah atau perahu, namun jika itu cara Anda menikmati menghabiskan waktu luang Anda – bersantai di rumah tepi danau dan mengajak cucu Anda bermain air – uang dapat mewujudkan hal tersebut. 

Demikian pula, hal ini dapat membantu Anda untuk pensiun dini dan memberi Anda keyakinan bahwa Anda memiliki sarana untuk hidup nyaman di tahun-tahun berikutnya.




TERBARU

[X]
×