kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett Ungkap 5 Strategi Investasi untuk Menguasai Pasar


Senin, 03 April 2023 / 07:49 WIB
Warren Buffett Ungkap 5 Strategi Investasi untuk Menguasai Pasar
ILUSTRASI. Warren Buffett telah membagikan strategi investasinya kepada publik selama lebih dari 70 tahun melalui tulisan, pidato, dan investasinya. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Meskipun Warren Buffett tidak pernah menulis buku, dia telah membagikan strategi investasinya kepada publik selama lebih dari 70 tahun melalui tulisan, pidato, dan investasinya. 

Mari melihat saran dan kebijaksanaannya untuk memahami sepenuhnya sistem investasi yang dilakukan dan bagaimana dia menguasai pasar saham.

Keberhasilan karir investasi seringkali terletak pada kepatuhan terhadap serangkaian prinsip panduan. 

Berikut adalah lima strategi investasi Warren Buffett untuk menguasai pasar seperti yang dilansir dari Newtraderu.com: 

1. Berpikir Jangka Panjang

“Seseorang duduk di tempat teduh hari ini karena seseorang telah menanam pohon sejak lama.” – Warren Buffett

Aspek penting dari strategi investasi yang sukses adalah fokus jangka panjang. Menilai nilai intrinsik perusahaan dan menentukan apakah itu investasi yang bagus untuk jangka panjang. 

Mengambil perspektif jangka panjang dapat menghindari roller coaster emosional yang sering menyertai perdagangan jangka pendek. 

Contoh utama dari pemikiran jangka panjang adalah investasi di Coca-Cola pada tahun 1988. Meskipun terjadi fluktuasi jangka pendek, investasi tersebut telah menghasilkan pengembalian yang luar biasa selama bertahun-tahun. Dia ingin membeli dan mempertahankan perusahaan selamanya; itu adalah filter pertamanya; dia percaya bahwa orang akan selalu ingin minum Coca-Cola.

Baca Juga: Nasihat Warren Buffett bagi Mereka yang Ragu & Takut Memulai Investasi

2. Berinvestasi Dalam Bisnis Berkualitas

“Jauh lebih baik membeli perusahaan yang luar biasa dengan harga yang wajar daripada perusahaan yang adil dengan harga yang luar biasa.” – Warren Buffett

Berinvestasi dalam bisnis berkualitas tinggi dengan keunggulan kompetitif yang substansial atau "parit ekonomi" memungkinkan mereka untuk mempertahankan atau memperluas pangsa pasar mereka dari waktu ke waktu. 

Berinvestasi di perusahaan semacam itu dapat mengurangi risiko kehilangan uang karena kegagalan bisnis atau gangguan industri. 

Akuisisi See's Candies pada tahun 1972 menunjukkan prinsip ini, karena merek perusahaan yang kuat dan loyalitas pelanggan menjadikannya investasi jangka panjang yang menguntungkan. 

Dia menyukai perusahaan dengan merek dan model bisnis yang memiliki ceruk pasarnya sendiri, sehingga sulit bagi siapa pun untuk memasuki pasarnya dan mengalahkannya dalam permainannya sendiri.

Baca Juga: Masih Belum Berani Investasi? Ini Nasihat Warren Buffett yang Bikin Semangat




TERBARU

[X]
×