WHO pastikan gelombang ketiga Covid-19 di Afrika sudah terkendali

Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:30 WIB Sumber: Reuters
WHO pastikan gelombang ketiga Covid-19 di Afrika sudah terkendali

ILUSTRASI. Tentara Mali saat membawa sampel uji Covid-19 milik masyarakat Timbuktu untuk diuji di ibu kota Bamako, 22 Mei 2020.


KONTAN.CO.ID - KINSHASA. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan bahwa penyebaran penyakit Covid-19 di benua Afrika saat ini cukup terkendali, meski dihantam oleh gelombang ketiga.

WHO menyebut program vaksinasi yang semakin lancar cukup mampu menekan angka infeksi di berbagai wilayah.

Direktur regional WHO, Matshidiso Moeti, mengatakan bahwa dalam seminggu terakhir jumlah kasus baru yang tercatat ada di angka 248.000. Jumlah itu turun dari 282.000 kasus yang tercatat pada pertengahan Juli lalu.

Melansir Reuters, jumlah vaksinasi juga meningkat tiga kali lipat dari periode sebelumnya, menjadi 13 juta dosis.

Benua Afrika, yang saat ini menampung sekitar 1,3 miliar penduduk Bumi, menghadapi gelombang infeksi ketiga sejak Mei.

Baca Juga: Vietnam akan gaji pasien Covid-19 yang sudah sembuh untuk membantu di rumah sakit

Hadirnya gelombang ketiga praktis membebani sistem kesehatan di negara-negara dari Afrika Selatan hingga Tunisia, Zambia dan Senegal, di mana tingkat vaksinasi jauh lebih rendah daripada di Eropa dan Amerika Utara.

Moeti mengatakan bahwa hingga 117 juta dosis vaksin dari COVAX akan tiba bulan depan. Saat ini sekitar 34 juta dosis masih dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.

Dalam laporannya, WHO sekarang berharap untuk memvaksinasi 10% orang di Afrika pada akhir September. COVAX masih jadi program utama untuk mewujudkan target tersebut.

Skema donor vaksin Covid-19 yang dipimpin oleh WHO tersebut awalnya berharap untuk memvaksinasi 20% orang di Afrika tahun ini, tetapi terhambat oleh penundaan.

Selanjutnya: Vaksin Moderna yang terkontaminasi zat asing dipastikan hanya dikirim ke Jepang

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru