WHO: Secara realistis, vaksin corona baru bisa digunakan tahun 2021

Kamis, 23 Juli 2020 | 11:37 WIB Sumber: Channel News Asia
WHO: Secara realistis, vaksin corona baru bisa digunakan tahun 2021

ILUSTRASI. Dr. Mike Ryan, Kepala program darurat WHO.


KONTAN.CO.ID - JENEWA. Sejauh ini, sejumlah penelitian terkait vaksin corona sudah menunjukkan hasil yang cukup positif. Banyak negara bersama perusahaan farmasi berlomba-lomba untuk segera melahirkan vaksin yang bisa meredakan wabah.

Meskipun demikian, pakar dari WHO menyatakan masyarakat tidak bisa berekspektasi bahwa vaksin bisa digunakan dalam waktu dekat.

Kepala program darurat WHO, Dr. Mike Ryan, meyakinkan kalau saat ini WHO sedang bekerja untuk memastikan distribusi vaksin yang adil dan merata.

Dr. Ryan juga meyakinkan kepada publik bahwa sejauh ini semua penelitian menunjukkan kemajuan yang luar biasa, tanpa ada kegagalan dan menunjukkan respons imun yang baik.

Baca Juga: Amerika Serikat rogoh kocek US$ 2 miliar demi dapatkan vaksin corona

Di sisi lain, ia meminta masyarakat dunia untuk lebih bersabar karena penggunaan vaksin pertama mungkin baru bisa terjadi pada awal tahun depan.

"Secara realistis penggunaan vaksin perdana baru bisa terjadi di awal tahun depan sebelum semua orang bisa mendapatkannya," ungkap Dr. Ryan seperti dikutip dari Channel News Asia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa saat ini WHO tetap berusaha semaksimal mungkin agar semua masyarakat bisa mendapatkan akses menuju vaksin dengan mudah.

WHO sebagai induk organisasi kesehatan dunia juga terus memantau puluhan penelitian di seluruh dunia terkait vaksin corona yang saat ini sedang berlangsung.

Baca Juga: Uji coba vaksin corona buatan China di Brasil masuki tahap akhir

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru