kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wilayahnya Hancur Diterjang Badai, Kim Jong Un Marahi Para Pejabatnya


Senin, 14 Agustus 2023 / 10:30 WIB
Wilayahnya Hancur Diterjang Badai, Kim Jong Un Marahi Para Pejabatnya
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendengarkan Presiden AS Donald Trump dalam sesi bilateral di Hotel Capella, Singapura 12 Juni 2018. REUTERS/Jonathan Ernst/File Foto


Sumber: Channel News Asia | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memarahi para pejabatnya karena dianggap gagal mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh badai tropis Khanun.

Media nasional Korea Utara, KCNA, pada hari Senin (14/8) mengabarkan bahwa Kim mengunjungi lahan pertanian yang tergenang air di Kabupaten Anbyon di bagian timur Korea Utara.

Pada kesempatan itu, Kim menyebut tingginya tingkat kerusakan di wilayah itu disebabkan oleh sikap kerja yang sangat kronis dan tidak bertanggung jawab dari pejabat setempat.

Baca Juga: Puluhan Ribu Peserta Jambore Pramuka Dunia di Korsel Dievakuasi Karena Badai

"Para pejabat daerah tidak peka terhadap tindakan negara dan tidak mengambil tindakan, akibatnya daerah tersebut mengalami kerusakan yang lebih parah dibandingkan daerah lain," kata Kim, dikutip KCNA.

Badai tropis Khanun bergerak melintasi Korea Utara pada Jumat pagi dan membawa hujan lebat ke Selatan. Sebelum tiba di Semenanjung Korea, Khanun lebih dahulu menghantam Jepang.

Bagi Korea Utara, bencana alam menjadi salah satu faktor penyebab krisis ekonomi setiap tahunnya. Infrastruktur yang lemah serta penggundulan hutan membuatnya rentan terhadap banjir.

Baca Juga: Kim Jong Un Ganti Jenderal Tertingginya, Langsung Perintahkan Persiapan Perang

Kondisi tersebut memberi pukulan berat terhadap sektor pertanian yang jadi andalan Korea Utara yang berusaha hidup secara mandiri.

Serangan badai Khanun kali ini terjadi saat pemerintah Pyongyang sedang menggalakkan kampanye dinamis untuk mengatasi bencana iklim abnormal. 

Kim Jong Un juga mendorong dilahirkannya langkah-langkah untuk meminimalkan kerusakan pada hasil ekonomi negara. Bulan Februari lalu Korea Utara mengadakan pertemuan partai tingkat tinggi untuk secara khusus mengatasi kekurangan pangan dan masalah pertanian.

Korea Utara secara berkala dilanda kelaparan. Ratusan ribu, diduga mencapai jutaan, orang meninggal pada pertengahan 1990-an, menjadi salah satu bencana kemanusiaan terburuk negara tertutup itu.




TERBARU

[X]
×