kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping berkunjung ke pusat skandal korupsi besar China, ini pesannya...


Jumat, 24 April 2020 / 14:12 WIB
Xi Jinping berkunjung ke pusat skandal korupsi besar China, ini pesannya...
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping. Xie Huanchi/Xinhua via REUTERS


Sumber: South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping melakukan perjalanan tiga hari ke provinsi barat laut Shaanxi dalam minggu ini. Dia mendesak para pejabat di sana untuk tetap waspada terhadap korupsi dan melipatgandakan upaya mereka untuk melindungi lingkungan dan memenuhi tujuan anti-kemiskinan negara itu.

Melansir South China Morning Post, perjalanan itu dilaporkan secara luas pada hari Kamis oleh media pemerintah, yang menyoroti kunjungan presiden ke cadangan nasional di Pegunungan Qinling, keluarga-keluarga pedesaan yang telah mendapat manfaat dari program anti-kemiskinan pemerintah, serta pabrik-pabrik dan perusahaan-perusahaan agar  meningkatkan produksi setelah penutupan virus corona. 

Xi juga tampak berjalan-jalan malam melewati kawasan turis dan komersial yang sibuk di ibu kota provinsi Xian.

Baca Juga: Koran terbesar Jerman kepada Xi Jinping: Anda membahayakan seisi dunia

Perjalanan Shaanxi dilakukana setelah dirinya bertandang ke Wuhan pada 1 Maret lalu, serta ke provinsi pesisir timur Zhejiang sekitar sebulan yang lalu.

Kunjungan Xi ke Pegunungan Qinling menonjol dalam liputan karena daerah itu merupakan pusat skandal korupsi besar yang menelan kepemimpinan provinsi sekitar dua tahun lalu.

“Mulai sekarang, setiap pejabat yang datang untuk melayani di Shaanxi harus belajar dari pelajaran ini (villa mewah di Pegunungan Qinling) dan jangan membuat kesalahan yang sama lagi. Sebaliknya, mereka harus berada di garis depan melindungi lingkungan ini,” kata Xi yang dikutip oleh media pemerintah.

Baca Juga: Xi Jinping buka-bukaan soal senjata ampuh untuk memerangi Covid-19

Presiden merujuk pada badai politik di provinsi itu sekitar dua tahun lalu ketika puluhan pejabat senior Shaanxi berulang kali mengabaikan arahan khusus Xi untuk menyelidiki pembangunan ilegal villa mewah di pegunungan. Para pejabat kemudian dipecat atau dipenjara karena korupsi.

Zhu Lijia, seorang profesor di Akademi Pemerintahan Tiongkok yang dikelola pemerintah, mengatakan "pelajaran" Xi tidak hanya tentang melindungi lingkungan tetapi juga tentang kesetiaan politik.

Baca Juga: Terjangkit virus ganas, ekonomi China akan catat penurunan buruk pertama sejak 1992

"Pegunungan Qinling adalah kasus khas ekologi alami serta ekologi politik. Para pejabat mengabaikan enam arahan tertulis oleh Xi," kata Zhu. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×